Pantai Sungai Cuka : Wisata Pantai di Kabupaten Tanah Bumbu

0 100

Pantai Sungai Cuka

Pantai Sungai Cuka berada di Desa Sungai Cuka,Kecamatan Satu,Kabupaten Tanah Bumbu. Pantai Sungai Cuka ini  memiliki daya tarik yang tak jauh berbeda seperti pantai-pantai pada umumnya. Di pantai ini Anda bisa menjumpai pohon-pohon kelapa yang tinggi di bibir pantainya, perkampungan nelayan dan pantai yang sangat landai memiliki panjang berkilo-kilometer dan bersih.

Dari Pantai Sungai Cuka Anda bisa melihat aktifitas tongkang dan tugboat pengangkut batubara dari kejauhan. Air laut di pantai ini tidak begitu jernih tapi masih Nampak bersih dan bisa menjadi hiburan Anda bersama keluarga jika ingin bermain air.Menurut cerita penduduk sekitar, Pantai Sungai Cuka ini dulunya bernama pantai Sungai Suka, dulunya setiap akhir tahun orang ramai berdatangan untuk berdagang (Masyarakat Tabunio, Takisung) karena merasa senang makan tersebutlah pantai ini sebagai pantai Sungai Suka.

  

Kemudian karena di sekitar pantai ada tanaman atau pohon asam dan rasa buahnya asam, atau cuka, maka entah siapa yang memulainya lambat laun nama pantai ini menjadi pantai Sungai Cuka.Di pantai ini terdapat teluk yang apabila ditarik garis lurus merupakan batas antara Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Tanah Laut. Saat anda  berkunjung ke Pantai Sungai Cuka ini, Anda tak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan sudah cukup baik.

Di Pantai ini warga sekitar telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti tempat penginapan dan beberapa permainan air diantaranya Cottage Inn, Cafe Joeluck, Gazebo, Bannana Boat, Snorkeling, Engine ATV, Perahu Tradisional Katir dan berbagai Makanan Khas Banjarmasin dan tentunya semuanya itu dapat di raih dengan harga yang cukup murah.

Pantai Sungai Cuka terletak di Kecamatan Satui, yaitu kurang lebih 84 km dari ibukota Kabupaten Tanah Bumbu. Untuk menuju pantai ini kita dapat naik kendaraan roda dua dan roda empat kurang lebih sekitar 7 km dari jalan poros (provinsi) di Kecamatan Satui, memerlukan waktu tempuh kurang lebih selama 40 menit perjalanan.

Source http://pusatinfowisata26.blogspot.com http://pusatinfowisata26.blogspot.com/2017/09/pantai-sungai-cuka-kabupaten-tanah-bumbu.html
Comments
Loading...