Pantai Sumuh : Keindahan Alami di Bawah Laut Nusa Dua Bali

0 31

Pantai Sumuh

Kawasan Nusa Dua, Bali adalah kawasan yang populer di mata wisatawan akan fasilitas hotel bintang lima yang bertaraf internasional. Pantai Sumuh memiliki perairan indah dengan suguhan sejuta pesona, seperti pasir putih yang terjaga bersih.  Tak mengherankan pastinya, karena pantai ini masih berada dikawasan Nusa Dua yang mana dikelola secara profesional dan serius oleh pemerintah Kabupaten Badung sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang tersohor.

Pantai Sumuh memiliki pemandangan hamparan pasir putih juga paronama sunrice ( matahari terbit ) seperti halnya yang dimiliki oleh Pantai Sanur dan pantai-pantai disekitarnya. Selain itu ketarikan wisatawan untuk berminat berkunjung ialah keindahan alam bawah lautnya. Pantai Samuh digunakan sebagai lokasi pelestarian terumbu karang guna menjaga ekosistem serta keseimbangan laut.

Hasil gambar untuk Pantai Sumuh

Pemerintah Kabupaten Badung meresmikan sebuah taman bawah laut yang dirnamai dengan Bali Underwater Cultural Park ( BUCP ) berjarak kira-kira 500 meter dari bibir Pantai Samuh dam memiliki kedalaman sekitar 11 meter dari permukaan laut. BUCP ini merupakan taman bawah laut yang berisikan kumpulan karya seni terumbu buatan berbentuk patung.

Patung-patung tersebut berbentuk penari seperti halnya tari Kecak dan karakter dari epik Ramayana ( Rama dan Sita ). Tujuan yang dilakukan oleh BUCP adalah sebagai konservasi keanekaragaman hayati laut dan budaya Bali dengan menambah nilai seni. Fungsi dai pada patung tersebut ialah sebagai media penempelan karang baru alami.

Hasil gambar untuk Pantai Sumuh

Beraneka jenis terumbu karang tumbuh dengan subur dan baik sehingga banyak sekali ikan beraneka warna yang lalu-lalang sembari mencari makanannya di sekitar terumbu  karang tersebut. Pemandangan alam bawah lautnya inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Pantai Samuh wajib dimasukkan ke dalam daftar kunjungan liburan di Pulau Bali.

Rute Menuju ke Pantai Sumuh

Bandara Internasional Ngurah Rai – Jalan Tol Bali Mandara – Jalan By Pass Ngurah Rai – sebuah tugu bertuliskan “Welcome To Nusa Dua” ( Jalan Nusa Dua ) – bundaran BTDC belok kanan – Museum Pasifika dan Devdan Show Nusa Dua Theatre – area parkir.

Source https://obyekwisataterlengkap.blogspot.co https://obyekwisataterlengkap.blogspot.com/2016/12/pantai-sumuh-nusa-dua-keindahan-terumbu.html
Comments
Loading...