Pantai Songan di Karangasem, Bali

0 43

Pantai Songan

Pantai Songan  merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Seraya yang dibalut dengan ketenangan. Terletak sekitar 13 km di arah Timur, Kota Amlapura Karangasem, kalau dari Denpasar sekitar 2,5 jam perjalanan, menuju kawasan Bali Timur. Pantai ini menggambarkan keheningan dan kedamaian dengan kehidupan tradisional penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Semuanya kelihatan begitu alami dan membuat penasaran untuk melihat lebih dekat. Keberadaanya melengkapi objek wisata di Bali, walaupun jarang dikunjungi karena lokasinya yang jauh dari pusat pariwisata seperti Kuta, Nuda Dua dan juga kota Denpasar, namuan suasannya cukup bisa memberikan terapi ketenangan dan jauh dari kermaian kota.

Pantai berpasir hitam ini, hanya sebgaian kecil pantai-pantai yang mengelilingi daratan pulau dewata ini, yang belum terekspose dan informasinya jarang bisa kita temukan. Fantasi lainnya sebelum kita sampai ke lokasi dengan mengikuti jalanan berkelok-kelok, dengan pemandangan lembah dan perbukitan yang merupakan ciri khas di desa Seraya ini, membuat kita takjub walaupun terasa situasi di desa ini kelihatan kekurangan pasokan air bersih, perjalanan memberikan sensasi seperti sebuah petualangan, kondisi jalan yang belum begitu memadai, membuat kita harus berhati-hati, setelah sampai di ujung perjalanan yaitu di wilayah Seraya Timur, dari dataran yang lebih tinggi ini kita bisa melihat hamparan pantai berpasir hitam dengan jejeran perahu tradisional siap menyambut kita.

Sewa mobil di Bali, bisa dengan supir wisatanya salah satu cara berkujung ke tempat ini, mobil harus kita parkir di pinggir jalan karena tidak ada parkir kusus di pantai Songan ini, tapi kalau sepeda motor bisa menjangkaunya lebih dekat. Objek wisata walaupun tidak menjadi agenda tour di Bali, namun bagi anda suka tempat bukan mainstream maka pantai Songan ini bisa menjadi tempat wisata ideal, untuk merasakan keheningan suasana, alamnya masih asri dengan aktifitas para nelayan. Jika agenda tour anda mengunjungi wilayah Timur, maka anda bisa mengemasnya mengunjungi tempat wisat terdekat dari pantai Songan seperti Taman Ujung, Pantai Prasi, Ruma Coklat dan juga Taman Air Tirtagangga. Bahkan jika dari sini melanjutkan perjalanan menuju arah Utara maka akan sampai ke objek wisata Amed.

Tipikal pantai disini berada di bawah tebing, karena terletak di kaki bukit, bukit yang terasa gersang saat musim kemarau, dari jalan kita harus menapaki puluhan anak tangga untuk menuju pinggir pantai, perahu nelayan terlihat berjejer rapi di pinggir pantai, tampak sekali mata pencaharian penduduk di sini sebagai nelayan, pantainya bersih dengan pasir berwarna hitam kecoklatan, air lautnya jernih, sehingga beberapa bagian di wilayah Seraya ini dijadikan sebagai spot diving, suasana tenang dan damai, dengan semilir angin laut memberikan sentuhan relaksasi bagi pikiran, seperti menre-charge kembali, memberikan energi positif untuk kegiatan selanjutnya, sehingga tempat ini berpotensi untuk dijadikan objek wisata.

Source http://www.balitoursclub.com http://www.balitoursclub.com/berita_170_Pantai_Songan.html
Comments
Loading...