Pantai Somandeng : Destinasi Wisata Pantai di Gunung Kidul

0 17

Pantai Somandeng

Pantai Somandeng terletak diantara dua pantai yang sudah cukup terkenal di deretan pantai dikawasan Kabupaten Gunung Kidul. Yakni berada di sebelah timur Pantai Sundak dan disebelah barat Pantai Indrayanti namun secara administratif berada di Desa Tepus, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini menjadi kawasan wisata yang enak dipandang dan dapat anda nikmati dengan segala kelebihannya tak lepas dari peran para muda di wilayah ini, khususnya para Remaja dan Karang Taruna di desa Tepus.

  

Keberadaan pantai yang dulunya boleh dibilang kotor dan belum adanya fasilitas  karena tidak ada pengelolaan maka atas seijin pemerintah desa setempat Karang taruna desa Tepus beserta Remaja Dusun Ngasem yang tergabung dalam BRANTAS (barisan Remaja Lintas Selatan). Mereka berupaya melestarikan dan menjaga kelestarian Pantai Somandeng dengan cara bersama sama bekerja bakti membersihkan sampah serta merapikan kawasan pantai somandeng pada setiap minggunya. Kemudian mereka mendirikan Taman parkir yang rapi serta mempermudah serta memberi kenyamanan keada pengunjung dalam menikmati keindahan pantai Somandeng tersebut.

Satu hal yang sangat positif yang dapat dilakukan warga tersebut yakni menjaga kelestarian alam dan keasrian Pantai Somandeng sekaligus meminimalisasi Pengganguran dan kenakalan remaja yang belakangan ini marak terjadi. Pantai Somandeng pinggiran pantainya banyak terdapat batu karangnya yang ditumbuhi rumput laut namun tidak terlalu banyak. Keberadaan rumput laut ini pun sering dimanfaatkan oleh warga sekitar. Selain rumput lsut ada beberapa jenis binatang laut yang dapat disaksikan disela sela karang tersebut, diantaranya kepiting, bulu babi dan lain lain.

Para pengunjung mesti hati hati karena karang karang yang ada agak runcing jika tidak hati hati dapat melukai anda nantinya. Ada sesuau yang aneh ditempat ini adalah beberapa pipa yang ditanam dan menjorok kelaut, entah apa fungsi dari keberadaan pipa tersebut. Bagi anda yang tidak ingin berpanas panas dapat menyewa paying tenda dengan sewa perjamnya kurang lebih Rp. 20.000,- atau mungkin ingin menikmati pantai dengan duduk duduk di Gazebo yang sudah tersedia dengan tariff sewa kurang lebih mencapai Rp. 35.000,- per jamnya. Namun secara keseluruhan pantai ini sungguh eksotis dan sangat indah karena masih asri dan belum banyak pengunjung.

Source http://yogyakarta.panduanwisata.id http://yogyakarta.panduanwisata.id/daerah-istimewa-yogyakarta/gunung-kidul/pantai-somandeng-keindahan-khas-pantai-alami/
Comments
Loading...