Pantai Sibolazi, Sisi Lain Keindahan Pulau Samosir

0 19

Pantai Sibolazi

Pantai Sibolazi mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan namanya. Padahal dibalik itu, pantai ini memiliki keindahan yang melengkapi keindahan Pulau Samosir ini. Pantai Sibolazi berada di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Lokasinya tidak begitu jauh dari pelabuhan Simanindo-Tiga Ras. Letak pantai ini di jalan raya kota Pangururan Simanindo, hanya sekitar 15 menit saja untuk sampai di pantai ini.
 
Setelah tiba di parkiran sepeda motor, kaki melangkah ke bibir pantai dan Ajib Sebuah pantai sangat indah. Pasirnya putih, airnya kebiruan dan disepanjang bibir pantai terdapat batu-batuan alam yang besar dengan latar belakang pohon-pohon kelapa yang tinggi. Sore hari yang Indah kala itu, karena bisa menikmati sunset dari pinggir pantai Sibolazi ini.
Pantai Sibolazi ini telah dikelola oleh masyarakat, terbukti telah adanya fasilitas umum seperti toilet, warung serta beberapa tenda untuk bersantai. Dibawah pohon yang besar dan rindang terdapat kursi sederhana yang terbuat dari papan dan bambu yang bisa digunakan untuk bersantai. Pada saat disana lokasi pantai cukup bersih tanpa ada sampah yang bertebar sembarangan.
Tidak ada salahnya jika punya waktu banyak untuk menyegarkan diri dengan mandi di jernihnya danau toba. Lalu bersantai dan nikmatilah hamparan pantai yang luas dengan Batu-Batu yang besar yang punya daya tarik tersendiri. Batu Besar ini terkenal dengan sebutan Batu Siauga yang memiliki cerita tersendiri pada jaman dahulu.Batu ini persis berdiri di pinggir Pantai Sibolazi.

Konon ceritanya, batu tersebut merupakan jelmaan sepasang kekasih yang tidak direstui hubungannya. Orangtua mereka tidak menyetujui jadi mereka kabur ke pinggir pantai tersebut dan berdoa agar dipersatukan oleh sang Kuasa atau mereka akan mati bersama. Dan setelah mereka selesai berdoa, tiba-tiba langit terbuka dan petir menggelegar. Saat warga kampung mencari mereka, tiba-tiba sepasang kekasih tersebut berubah menjadi batu besar, serta kerbau dan alat bajak yang mereka bawa saat kabur menjadi beberapa bongkahan batu. Karena cerita itu, hingga saat ini apabila ada yang membiarkan anaknya kawin lari dan melewati lokasi Pantai Sibolazi, maka keluarganya tidak akan akur.

Source https://www.medanwisata.com https://www.medanwisata.com/2016/10/pantai-sibolazi-sisi-lain-keindahan-samosir.html
Comments
Loading...