Pantai Sangkulu Kulu : Destinasi Wisata Pantai di Kep. Selayar

0 99

Pantai Sangkulu Kulu

Kalau Sobat orang Selayar, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Sangkulu kulu, Lokasi tersebut hampir setiap minggu dikunjungi wisatawan domestik Selayar, tetapi tak satupun yang mempublikasikan tentang Sangkulu kulu. mungkin sengaja di tutup tutupi ataukah mungkin sengaja tidak dipublikasikan.

di Sangkulu kulu adalah tempatnya dilaksanakan pesta tahunan oleh masyarakat setempat. Namnya adalah Jalaombong. Jalombong adalah pesta rakyat tahunan dengan menangkap ikan secara beramai-ramai di pinggir pantai. Pesta rakyat dengan melakukan ritual khusus ini dilakukan setiap tahun di Sangkulu-kulu, sebuah teluk yang merupakan muara sungai di Desa Harapan, Kecamatan Bontosukuyu, walau tahun-tahun terakhir sudah jarang dilakukan.

 

Pada zaman dahulu, seorang ahli akan berperan seperti pawang yang akan melakukan ritual meminta kepada penjaga laut – konon buaya yang tinggal di sebuah gua bawah air di wilayah itu, yang akan menggiring ikan ke tepi pantai.

Ikan yang akan ditangkap beramai-ramai dalam pesta rakyat tahunan ini adalah ikan lompa (Thryssa baelama) yaitu sejenis ikan sardin kecil yang merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di pesisir pantai, mangrove dan estuaria. tapi sayang, sekarang muara sungai sudah tertutup, sehingga ikan (lompa) tidak bisa lagi masuk ke muara sungai Sangkulu kulu. sehingga sekarang ini pesta rakyat tersebut tidak pernah lagi terlaksana.

Mengenai keindahan alamnya, tak usah diragukan lagi, hamparan pohon kelapa milik masyarakat setempat menambah indahnya dan sejuknya pinggir pantai Sangkulu kulu Di sangkulu kulu juga terdapat tebing yang begitu tinggi, dan sangat baik sekali dijadikan climbing party. bagi teman-teman semua yang ingin climbing ria di sana, silahkan mencoba.

Source http://awalinfo.blogspot.com http://awalinfo.blogspot.com/2013/07/sangkulu-kulu-tempat-wisata-bahari-yang.html
Comments
Loading...