Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-FN4kCb.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Samboang, Surga Tersembunyi di Pulau Bulukumba

0 49

Pantai Samboang

Pantai ini terletak di Desa Eka Tiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat eksotis. Butuh waktu tidak kurang dari 5 jam dari Kota Makassar untuk sampai ke Pantai Samboang. Pantai Samboang berasal dari kata Sembo, yang dalam bahasa Konjo orang Bonto Tiro berarti bersenang-senang. Jadi Pantai Samboang adalah salah satu pantai untuk bersenang-senang.

Panorama yang indah dan lekukan bibir pantai yang landai, serta terumbu karang yang tak jauh dari pantai, menjadikan Samboang berbeda dengan objek wisata pantai lainnya. Di samping itu, lambaian sejumlah pepohonan kelapa bila diterpa angin ikut memperindah pemandangan areal wisata yang satu ini. Saat memasuki kawasan pantai anda akan kagum dengan pasir putih yang begitu luas sejauh mata memandang di sebelah kanan maupun kiri anda, bahkan Anda dapat berlarian diatas pasir hingga 50 meter ke arah lautan lepas.

  

Pantai ini memberikan keindahan pasir putih yang begitu luas bahkan sejauh mata memandang anda hanya dapat melihat pasir putih yang sangat halus. Di tempat ini pula terdapat pulau kecil yang telah dihubungkan dengan titian sepanjang 20 meter. Tempat ini merupakan spot menarik bagi wisatawan yang ingin menyalurkan hobbynya, misalnya berenang, snorkling ataupun memancing.

Selain itu, tak jauh dari lokasi ini juga dapat menikmati wisata makam yakni berkunjung ke pemakaman Karaeng Sapo Batu (Keturunan Raja Gowa) yang dimakamkan di atas batu yang dipahat oleh pengikutnya. Pekuburan batu atau tulang belulang di lereng bukit ini sudah ada sejak sebelum agama Islam masuk ke daerah Bontotiro Kabupaten Bulukumba.

Pantai berpanorama cantik ini juga ditunjang dengan sarana dan prasarana yang lengkap seperti beberapa rumah makan dan penginapan. Kebanyakan villa dibangun menghadap laut lepas, sehingga wisatawan dapat menginap dan menikmati alam Samboang yang indah.

Adapun biaya yang harus anda keluarkan apabila berkunjung dan ingin menginap cukup dengan menyediakan biaya penginapan sebesar 100.000-200.000 rupiah/ malam. Biaya untuk masuk portal pantai sangat murah.  Cukup dengan membayar Rp. 5.000/motor dan Rp. 15.000/mobil. Retribusi ini mungkin mengalami perubahan sesuai kebijakan yang berlaku.

Untuk mencapai Pantai Samboang dari luar Sulawesi Selatan maka perjalanan di Mulai dari Bandara Sultan Hasanuddin atau dari pelabuhan Soekarno Hatta. Jalur lain bisa dengan menggunakan jasa angkutan umum dari terminal malengkeri menuju Bulukumba kota atau langsung ke wilayah pantai.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-selatan/pantai-samboang-hamparan-pasir-putih-yang-begitu-luas-di-sulawesi-selatan.html
Comments
Loading...