Pantai Putri Serayi (Pantai Jawai) Melihat Bebatuan Unik di Kalimantan Barat

0 11

Pantai Putri Serayi (Pantai Jawai) tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Kalimantan Barat pada umumnya serta masyarakat Sambas pada khususnya. Terletak dipesisir Laut China Selatan, wisata yang terletak di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dengan luas 56 ha ini memiliki pantai berpasir putih menghampar sepanjang 3 kilometer. Pantai yang mempunyai pesona alam yang sangat indah dengan pantai berpasir putih yang halus, ditambah dengan bukit serta batuan sehingga membuat sejuk suasana mata memandang.

Pantai Jawai atau yang di sebut juga Pantai Putri Serayi biasanya ramai di kunjungi pada hari minggu, serta hari-hari besar lainnya seperti hari Lebaran. Biasanya Pantai Putri Serayi juga sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah untuk mengisi liburan setelah menempuh ujian semester dan cocok untuk camping. Selain pantai dan laut yang indah, Pantai Putri Serayi juga menyuguhkan bebatuan unik dan bukit-bukit yang bisa anda daki dan melihat pulau-pulau dari puncaknya.

 

Diantara batu unik itu bernama Batu Lapak (telapak kaki) dan Batu Canggar (batu yang menunjuk langit). Batu Lapak tersebut memang batu asli dan diatasnya terdapat bekas telapak kali raksasa dan wisatawan bisa duduk didalam telapak kaki tersebut. Banyak sekali batu-batu yang diatasnya terdapat telapak-telapak kaki dan tangan yang diperkirakan jejak manusia purba. Batu Canggar adalah batu yang menjulang menunjuk langit, anda juga bisa berdiri di atas batu ini untuk memandangi lautan dan pulau-pulau.

Pantai Jawai mempunyai sebuah nama julukan Pantai Putri Serayi adalah nama yang diberikan bedasarkan cerita rakyat desa tersebut. Di Pantai Putri Serayi ini juga Lahan Perikanan bagi penduduk setempat yang bermata pencharian sebagai Nelayan. Tidak hanya memiliki pantai dan deburan ombak saja, Pantai Putri Serayi juga memiliki kebun kelapa yang rindang keindahan pemandangan tepi pantai dan hamparan air laut yang luas akan memanjakan anda saat berada di sana. Selain sejuk, Anda juga bisa mandi dan berenang ataupun sekedar berjalan di tepian pantai.

Suasana disini sangat sedap di pandang mata, kurang lengkap rasanya Jika Anda ke Pantai Putri Serayi tidak melihat sunset. Pantai ini juga sudah dilengkapi oleh beberapa kantin dimana wisatawan dapat membeli cemilan dan minuman di sana. Tentu saja anda tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, disana tersedia juga penjual kelapa muda yang akan menambah sensasi saat anda berada di pantai sambil menikmati buah kelapa muda apalagi sambil bersantai dibawah rindangnya kebun kelapa maupun hamparan batu. Ada juga wisatawan yang membawa alat pancing dan sambil memancing ikan di tepi pantai.

Jika menggunakan kendaraan bermotor, bisa ditempuh selama 5 jam melalui Pontianak-Singkawang-Pemangkat, kemudian menyeberang menggunakan kapal motor kurang lebih 30 menit dari Penjajap (Penyeberangan di Pemangkat) ke Jawai Selatan, nah, kemudian anda lanjutkan perjalanan menuju pantai kira-kira 25 menit. Jika menggunakan mobil, perjalanan agak lebih jauh. Dari Pontianak-Singkawang-Pemangkat lalu ke Tebas kira-kira 5 jam, karena harus menyeberang feri dan hanya ada di Tebas untuk menuju Jawai. Penyeberangan Penjajap-Jawai hanya untuk motor.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-barat/pantai-putri-serayi-pantai-jawai-melihat-bebatuan-unik-di-kalimantan-barat.html
Comments
Loading...