Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-XuaMMH.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Pulang Sawal Yogyakarta

0 103

Pantai Pulang Sawal

 

Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan di Yogyakarta yang menyimpan banyak objek wisata menarik.  Salah satu objek wisata menarik di daerah Gunung Kidul ini adalah Pantai Pulang Sawal atau biasa disingkat dengan Pantai Pulsa. Pantai Pulang Sawal terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, atau berada tepat di sebelah timur Pantai Sundak. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung bisa menempuh perjalanan selama 2 jam berkendara dalam jarak 70 km dari kota Yogyakarta.

Rute Perjalanan Ke Pantai Pulang Sawal

Jika berangkat dari Yogyakarta, maka rute yang di tempuh untuk menuju pantai ini adalah Kota Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jln. Kyai Legi – Jln. Lingkar Selatan – Jln. KRT Djojodinigrat – Jln. Girisubo – Wonosari – Jln. Saptosari – Tepus – (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur) Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti.

Fasilitas

Pantai Pulang Sawal lebih di kenal dengan nama Pantai Indrayanti. Namun, penyebutan Pantai Indrayanti ini ternyata menuai banyak kontroversi. Pasalnya, Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik kafe atau restoran. Saat itu, nama Indrayanti ini terpampang di papan nama kafe dan restoran pantai sehingga masyarakat pun menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Meski pemerintah setempat lebih mengenalkan pantai ini dengan nama Pantai Pulang Sawal, namun kenyataannya, nama Pantai Indrayanti justru lebih populer.

Pantai Pulang Sawal merupakan pantai yang bersih dan memiliki pemandangan yang lebih indah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di kawasan Gunung Kidul. Bukit karang, hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih merupakan beberapa keindahan yang ditawarkan Pantai Pulang Sawal ini. Ketika senja, pengunjung dapat  melihat langsung sunset (matahari terbenam) dengan spot yang sempurna.

Akses 

Kebersihan Pantai Pulang Sawal ini tak lepas dari campur tangan pihak swasta. Pihak swasta sendiri memberlakukan denda sebesar Rp10 ribu bagi para pengunjung yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Cara ini yang dianggap membuat Pantai Pulang Sawal tetap terjaga kebersihannya.

Harga tiket masuk Pantai Pulang Sawal  sbesar Rp10 ribu per orang. Untuk tarif parkir motor atau mobil, sekitar Rp4 ribu hingga Rp5 ribu. Fasilitas yang tersedia di pantai ini mencakup kafe, restoran, permainan jet ski, musala, kamar mandi, hingga pondok panggung. Sementara untuk tamu yang datang dari jauh, disediakan juga penginapan dengan tarif kamar mulai Rp350 ribuan hingga Rp700 ribuan per malam.

Source wisata yogyakarta
Comments
Loading...