Pantai Perancak Jembrana Bali

0 107

Pantai Perancak Jembrana

Pantai Perancak Jembrana merupakan salah satu wisata alam yang berada dalam wilayah administrasi Desa Perancak, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Setiap tahun di lokasi Pantai Perancak ini diadakan perlombaan dayung sampan tradisional.

Acara ini diadakan dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Negara yaitu tanggal 20 Juli. Acara ini menjadi agenda rutin dan sangat bermanfaat untuk ajang promosi wisata di kawasan Perancak. Selain sebagai lokasi lomba dayung sampan tradisional, di kawasan Pantai Perancak juga terdapat taman wisata dan sering diadakan acara-acara seperti motocross dan road race. yang berskala nasional. Bisa jadi tontonan yang asyik dan menarik bagi para pengunjung pantai.

Taman wisata yang berada dekat dengan Pantai Perancak ini sudah difasilitasi dengan sirkuit balapan untuk diadakannya kegiatan nasional tersebut. Nama sirkuitnya adalah Sirkuit Perancak dan setiap kegiatan motocross ataupun road race diadakan, wisatawan banyak yang datang memenuhi area taman wisata di kawasan Pantai Perancak Jembrana. Lokasi Pantai Perancak juga berdekatan dengan lokasi pusat Riset Teknologi Kelautan milik stasiun bumi NOAA (National Oceanic and Atmospheric and Administration). Pusat ini difungsikan untuk melihat melalui satelit dimana titik pusat ikan berkumpul.

Penangkaran Penyu di Pantai Perancak

Yang juga menarik dari lokasi Pantai Perancak Jembrana adalah terdapatnya tempat penangkaran dan pelestarian hewan penyu karena banyaknya penyu-penyu laut yang bertelur di kawasan pantai ini. Penyu yang ditangkarkan dan dilestarikan diantaranya penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang dan penyu belimbing. Penyu-penyu ini setiap tahun bertelur pada bulan April dan September. Adalah perkumpulan “Kurma Asih” yang aktif dalam penyelamatan penyu-penyu laut ini. Sejak tahun 1997, kelompok masyarakat ini menyelamatkan penyu-penyu yang mendarat di pantai, kemudian memindahkan telur-telur mereka di tempat penangkaran dan pada akhirnya melepaskan anak-anak penyu (tukik) kembali ke habitat alamnya.

Kegiatan inilah yang menjadi daya tarik ketika wisatawan datang berkunjung ke Pantai Perancak. Bahkan sampai saat ini sudah bekerja sama dengan World Wildlife Fund yang merupakan lembaga konservasi internasional di luar pemerintah karena lokasi Pantai Perancak adalah sarang penyu paling banyak di Bali. Pemandangan di Pantai Perancak ditambah cantik dengan adanya hutan bakau yang tumbuh di sekitar wilayah pantai. Di sore hari, sinar jingga matahari dapat disaksikan sembari melihat para nelayan yang berangkat ke laut mencari ikan. Pantulan cahaya yang mengenai air laut memberi keindahan yang tak terucapkan ketika mengunjungi Pantai Perancak.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/pantai-perancak-jembrana-pantai-indah-bali-barat-00794.html
Comments
Loading...