Pantai Pelabuahan Pasar Lama, Kaur Bengkulu

0 18

Pantai Pelabuahan Pasar Lama

Pantai Pelabuahan Pasar Lama merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Kaur Nama Pantai pasar lama ini tidak asing lagi masyarakat Bintuhan. Karena Pantai ini terletak di pusat kota Bintuhan dan dulunya merupakan pelabuhan laut yang dibuka sejak zaman penjajahan Belanda. Pelabuhan Pasar lama sebagai pelabuhan perdagangan yang mengangkut hasil hasil bumi dan rempah2an keluar Kota Bintuhan . Pelabuhan Pasar Lama ini dulunya disinggahi oleh Kapal kapail maskapai Belanda seperti KPM , Pelni dll yang melalui route dari Padang Ke bengkulu dan kembali Ke jakarta.

Bila waktu tengah hari atau zuhur masyarakat ramai mendatangi pantai ini untuk menyongsong mendarat nya perahu perahu nelayan yang membawa hasil tangkapan ikan , dan ini menjadi incaran dari para tengkulak ikan yang berebut untuk membeli ikan untuk di jual kembali dan proses lelelang ikan dilakukan di pantai ini . DI Pantai pelabuhan ini juga terdapat Muara sungai yang membelah kota Bintuhan dan bermuara di Pelabuhan ini dengan banyak di tumbuhi oleh pohon pohon kelapa sampai ke desa Sekunyit sepanjang 5 Km dan bisa dilewati oleh kenderaan bermotor roda dua maupun empat. Dari pantai pelabuhan pasar lame ke arah Sekunyit tidak jauh dari pantai tersebut terdapat pantai Cukuh yang merupakan tempat menara mercu suar sejak zaman Belanda.

Menarik nya pantai pantai didaerah ini di sepanjang pantai selain ditumbuhi oleh pohon kelapa milik penduduk setempat juga terdapat trumbu karang dengan aneka ragam tumbuhan karang dan ikan karang yang menjadi objek nelayan bagi masyarakat setempat. Terumbu karang di pantai Cukuh sampai ke pantai Sekunyit terkenal karena banyak nya ikan sumber potensi laut antara lain dikenal dg nama benawang karang tinggang dan benawang 1000, benawang artinya lubuk laut, dan terumbu karang disini terkenal karena pemandangan bawah laut nya ya menarik, disamping trumbu karang yang dalam.

Source http://wargakaur.blogspot.com http://wargakaur.blogspot.com/2011/01/blog-post.html
Comments
Loading...