Pantai Pagatan : Dengan Garis Pantai yang Panjang di Kalimantan Selatan

0 112

Pantai Pagatan adalah sebuah pantai yang berada di wilayah Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pantai Pagatan tergolong istimewa, karena memiliki panorama laut biru, deburan ombak yg relatif kecil, pohon kelapa yg melambai-lambai dan angin laut yang bertiup sepoi – sepoi. Pantai ini juga memiliki sebuah acara ritual khas nelayan keturunan bugis yang biasanya di sebut dengan Macceratasi atau sering juga disebut pesta laut.

Pesta laut di Pantai Pagatan dilaksanakan pada bulan April. Pesta laut adalah sebuah ungkapan rasa syukur dari hasil laut yang melimpah, serta memohon perlindungan selama nelayan pergi melaut. Upacara ini meliputi kegiatan melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan sejenis mantra ke tengah laut. Biasanya acara ini juga di meriahkan dengan adanya atraksi musik dan tarian2 tradisional. Pada acara puncaknya akan dimeriahkan oleh kapal-kapal nelayan berhiasan menuju ketengah laut. Selain itu, selama hampir tiga minggu, kota Pagatan setiap sore dan malamnya sejak dibuka hingga ditutupnya pesta adat nelayan pagatan terdapat pasar malam.

Berkunjung ke Pantai Pagatan baiknya di pagi hari, sebab keindahan pantai akan terpancar dari sinar matahari yang menghiasi langit dengan warna emas. Suara deburan ombak yang tenang juga menjadi daya tarik para pengunjung untuk bersantai di pinggir pantai. Pasir putih pantainya memanjang dari barat ke timur serta luasnya yang mencapai 1,5ha sehingga akan memberikan ruang cukup bagi anda untuk melakukan segala aktivitas ketika berlibur kesini. Selain itu di sini anda juga bisa membuat patung dari pasir, berjemur, menyusuri pantai dan berolahraga air. Memancing juga merupakan kegiatan menarik lainnya yang dapat anda lakukan, karena kawasan di sekitar Pantai Pagatan terkenal sebagai salah satu sentra penghasil ikan laut bagi Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada sore harinya, eksotisme Pantai Pagatan makin terasa. Detik-detik menjelang matahari terbenam di balik ufuk cakrawala merupakan salah satu moment spesial yang dapat anda nikmati di sini. Saat-saat tersebut dapat anda nikmati sambil bersantai di tepi pantai atau dari pondok-pondok wisata. Bila anda bosan berada di sekitar pantai, anda dapat mengunjungi perkampungan nelayan yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Selain menyaksikan secara langsung budidaya ikan, di sini anda juga dapat menemukan beberapa keluarga yang menjual keripik ikan.

Di pantai tersebut juga sudah banyak warung makan yang berjualan dengan makanan khas yang unik ala Kalimantan, sehingga sangat cocok untuk sekedar beristirahat menghilangkan penat.Pantai Pagatan letaknya tidak jauh dari Bandara Syamsudin Noor, kurang lebih 285 km. Pantai ini sangat mudah ditemui, di tepi Jalan Trans Kalimantan poros selatan. Jika ingin long stay, anda bisa menginap di Resort atau memilih salah satu losmen murah meriah di Kota Pagatan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/pantai-pagatan-kalimantan-selatan-dengan-garis-pantai-yang-panjang.html
Comments
Loading...