Pantai Ora Maluku

0 60

Pantai Ora Maluku

Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata alam keren. Hanya saja, aksesnya yang masih sulit membuat wisatawan berpikir dua kali untuk berlibur disini. pemandangan pantai ora dan ora beach resort, Berbicara mengenai wisata alam di Maluku, tentu tak akan lepas dengan pantai. Nah, di Maluku ini terdapat sebuah pantai dengan pemandangan yang sangat mempesona bernama Pantai Ora,

Pantai ora memiliki taman bawah laut yang sangat indah, pantainya yang bersih dan air laut yang jernih membuat Pantai Ora layaknya cermin alami karena kita bisa melihat bebatuan karang dari atas. Pantai Ora memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, bahkan saking indahnya banyak wisatawan menyebut Pantai Ora mirip dengan pantai yang ada di Maladewa.

Keunggulan Pantai Ora adalah pasirnya yang putih bersih, air laut yang berwarna biru kehijauan dan jernih, serta kekayaan terumbu karang dan biota lautnya Untuk bisa melihat keindahan bebatuan karang di Pantai Ora kita tidak perlu menyelam terlalu dalam, hanya menyelam sekitar 2-3 meter saja kita sudah bisa melihat indahnya surga bawah laut Pantai Ora.

Pantai Ora menjadi primadona wisata di Maluku, terutama di Pulau Seram, banyak wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara memilih Pantai Ora sebagai salah satu spot snorkeling favorit mereka.Pantai Ora terletak di ujung barat teluk Sawai, tepatnya di tepi hutan Taman Nasional Manumela yang memiliki keanekaragaman hayati. Beberapa tumbuhan yang ada di Taman Nasional Manumela adalah tancang, bakau, ketapang, dan meranti.

Pantai Ora sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi pecinta snorkeling dan diving, sebab pemandangan di pantai ini memang sangat memanjakan mata, ditambah dengan suasana alam sekitar yang nampak masih alami membuat Pantai Ora semakin nyaman.

Tepat di belakang Ora Beach Resort yaitu satu-satunya penginapan di kawasan Pantai Ora, kita bisa melihat perbukitan dari Taman Nasional Manusela, berkeliling taman nasional bisa menjadi pilihan kegiatan di Pantai Ora. Kita bisa menyewa perahu nelayan atau perahu motor untuk mengantarkan berkeliling, selain itu kita juga bisa menyusuri sungai salawai, sambil menyusuri sungai kita juga bisa melihat proses pembuatan sagu.

Fasilitas Pantai Ora Maluku

Fasilitas di Pantai Ora bisa dibilang cukup standar namun memadai.

Akomodasi (Penginapan)

Untuk penginapan, di Pantai Ora sudah terdapat Resort bernama Ora Beach Resort, penginapan ini cukup unik karena berada di atas air.

Lokasi Pantai Ora

  • Alamat ; Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku.

Rute Menuju Pantai Ora Maluku

Akses menuju Pantai Ora bisa dibilang susah susah gampang, dari Bandara Patimura Ambon, kita harus menuju ke Pelabuhan Tulehu menggunakan angkot. Setelah sampai di Pelabuhan Tuleho kita harus naik kapal cepat/speedboat menuju ke Pelabuhan Amahai (masohi), sesampainya di Pelabuhan Amahai kita akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Sawai menggunakan angkot, lalu menyeberang menuju Pulau Seram menggunakan perahu motor.

Jadwal Kapal Ferry dari Pelabuhan Tuleho menuju Pelabuhan Amahai

Tuleho – Amahai :

berangkat pukul 09.00 WIT | 16.00 WIT hari Senin-Sabtu

pukul 11.00 WIT hari Minggu

Amahai – Tuleho :

berangkat pukul 08.00 WIT | 14.00 WIT hari Senin-Sabtu

pukul 15.00 WIT hari Minggu

Tips Saat Berlibur ke Pantai Ora :

  • Karena perjalanan cukup lama, pastikan fisik kamu dalam keadaan fit.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Bawalah peralatan selam sendiri atau menyewa di tempat terdekat (Ambon).
  • Tidak ada restoran di Pantai Ora, hanya ada fasilitas makan dari Ora Beach Resort.
  • Lebih disarankan untuk mengikuti open trip ketika ingin berlibur ke Pantai Ora

Source https://www.brobali.com https://www.brobali.com/2016/01/keindahan-pantai-ora-di-maluku.html
Comments
Loading...