Pantai Nongsa Dengan Pulau Putrinya yang Indah

0 15

Pantai Nongsa

Pantai Nongsa ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kelurahan Sambau, Kecamatan Batam Timur, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.  Konon, kampung nongsa merupakan pemukiman penduduk paling awal yang wujud di Batam. Nama nongsa sendiri diambil dari kata Nong Isa, nama penguasa pertama Batam yang bertahta di nongsa sekitar awal abad ke-18. Pantai ini masih sangat tradisional dan masih sepi, ingin menikmati suasana yang alami maka datanglah ke Pantai ini.

Menariknya, Pantai Nongsa ini sangat dekat dengan pesisir pantai Singapura bagian selatan, bahkan saking dekatnya hanya perlu waktu setengah jam menggunakan perahu motor untuk pergi ke pantai selatan Singapura. Karena jaraknya sangat dekat maka para pengunjung dapat menyaksikan langsung View Negara Singapura dan Negara Malaysia yang letaknya tepat diseberang Pantai Nongsa. Pada malam hari sebuah View indah  dari Negara Singapura menambah eksotika Pantai Nongsa ini.

Pantai ini menghadap ke barat laut, karena itu Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang memukau di kala senja. Saat senja, pudarnya mega di ufuk barat mengiringi kepergian sang surya, sementara di sebelah utara Anda akan menyaksikan gemerlap lampu-lampu gedung di Singapura mulai menyala mengganti peran matahari. Singapura malam hari menampilkan kerlap-kerlip dan kilau ribuan lampu kota megapolitan a la New York khas Asia Tenggara, di mana tampak gedung-gedung hunian dan perkantoran pencakar langit masa kini.

Moment ini jangan pernah terlewat bila mengunjungi Pantai Nongsa. Lebih dari itu, mengunjungi Pantai Nongsa akan terasa natural karena lingkungannya terjaga dengan baik. Bagi pengunjung yang ingin berenang disekitar lautnya, maupun ber-snorkeling menyaksikan panorama bawah laut, ada baiknya lebih berhati-hati karena di tempat ini belum ada penjaga pantai yang memantau wisatawan. Terutama bagi para orang tua yang membawa putra-putrinya untuk bermain air.

Selain keindahan pantai dan laut, serta nuansa metropolis Singapura yang dapat Anda nikmati sepuasnya, ada baiknya Anda mengunjungi masyarakat lokal di kawasan ini yang sebagian besar merupakan warga asli Melayu. Di sini, Anda dapat mengunjungi permukiman penduduk yang terdapat di sepanjang pesisir pantai di Teluk Tering, yakni Kampung Batu Besar dan Kampung Nongsa. Mayoritas dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan, sebagian yang lain berprofesi sebagai pedagang di kawasan sekitar pantai. Menyaksikan dan mengikuti aktivitas keseharian mereka yang barangkali berbeda jauh dari kehidupan rutin Anda, tentunya merupakan sebuah pengalaman yang mengasyikkan. Ada satu yang sangat menarik di kawasan Pantai Nongsa ini, yaitu sebuah pulau yang terletak di seberang Pantai Nongsa.

Pulau tersebut bernama Pulau Putri yang merupakan sebuah pulau kecil yang masih menjadi bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Pulau Putri sendiri mempunyai keindahan alam yang tak kalah menariknya selain Pantai Nongsa. Maka wisatawan-wisatawan yang datang ke Pantai Nongsa sayang sekali rasanya apabila tidak singgah sejenak ke Pulau Putri. Pulau Puteri adalah salah satu pulau terluar Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura. Pulau ini bentuknya oval memanjang kira-kira sepanjang 199 meter dengan garis tengahnya tak lebih dari 50 meter. Untuk akses kepulau ini tidaklah sulit, dengan menggunakan bot pancung biaya Rp.10.000 untuk pulang pergi kita sudah bisa sampai kepulau ini.

Tiket masuk ke kawasan Pantai Nongsa ini juga sangat terjangkau, hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 9.500,- para wisatawan sudah dapat menikmati keindahan Pantai Nongsa dan keindahan alam disekitarnya. Bahkan wisata pantai ini dibuka selama 24 jam oleh pihak pengelola yang berarti tidak ada batasan waktu bagi para wisatawan apabila ingin berkunjung ke kawasan ini. Untuk menuju Pantai Nongsa, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau menggunakan taksi dari pusat kota Batam. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 40 menit, sedangkan jika dari Bandara Hang Nadim, Batam maka perjalanan yang ditempuh sekitar 20 menit.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kepulauan-riau/pantai-nongsa-dengan-pulau-putrinya-yang-indah.html
Comments
Loading...