Pantai Nglolang, Gunungkidul

0 91

Pantai Nglolang

Gunungkidul menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan wisata alam, khususnya wisata pantai. Tak heran hingga saat ini, kabupaten yang memiliki panjang garis pantai lebih dari 75 km itu masih menyimpan pantai yang jarang terjamah manusia.

Salah satunya Pantai Nglolang, yang berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Lokasi pantai ini sebenarnya cukup strategis, karena berada di barat Pantai Sepanjang, yang lebih dulu dikenal masyarakat luas.

Kondisi Pantai Nglolang sendiri terbilang masih asri. Tanaman pandan laut serta cemara udang yang tumbuh rimbun membuat suasana semakin sejuk. Pantai yang tidak begitu luas dan diapit dua bukit itu semakin terasa ketenangannya, karena aktivitas pedagang yang belum banyak.

Salah seorang warga sekitar, Didit menuturkan di sekitaran pantai tersebut, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di sana, mulai dari menikmati sunset ataupun sunrise, dan juga dapat digunakan wisatawan sebagai tempat camping.

“Saat pagi sampai siang hari Pantai Nglolang masih sepi, namun mulai sore hari biasanya ada pengunjung yang datang, meski jumlahnya belum begitu banyak. Biasanya anak muda yang akan ngecamp,” ujar Didit, Sabtu.

Ia mengungkapkan wisatawan yang berkunjung ke Nglolang seakan menikmati pantai pribadi yang tidak terganggu dengan aktivitas lainnya. Untuk camping sendiri Didit mengatakan saat ini gratis, tidak ada pungutan.

Pantai Nglolang juga memiliki keunikan dengan kolam alami yang dapat dinikmati saat air sedang surut, sembari menikmati keindahan biota laut, baik ikan-ikan kecil yang ada di sela-sela karang, maupun berbagai biota laut lainnya. “Terdapat kolam alami yang berjarak tujuh meter dari pasir pantai.

Luasnya sekitar 3×4 meter dengan kedalaman 1,5 meter,” katanya. Bagi wisatawan yang tidak ingin menginap dengan tenda, di Pantai tersebut juga sudah tersedia penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Salah seorang wisatawan, Alvin Kusuma mengaku berkunjung ke Pantai tersebut untuk menikmati sunset dan bermalam dengan rekan-rekannya”Tahu infonya dari teman awalnya pas bermain di Pantai Sepanjang, lalu tahu tempat ini. Ya tempatnya masih sepi enak buat camping. Akses jalannya juga mudah dijangkau,” ujarnya.

Source https://wisata.harianjogja.com https://wisata.harianjogja.com/read/2018/09/30/504/942802/menikmati-ketenangan-pantai-nglolang-gunungkidul
Comments
Loading...