Pantai Mutiara, Buton Tengah Sulawesi Tenggara

0 7

Pantai Mutiara

Pantai Mutiara, adalah salah satu destinasi wisata apantai yang berada di kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggara yang memiliki sejumlah potensi ekonomi, seperti sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, dan sektor pariwisata yang tak kalah dengan daerah lain di Sulawesi Tenggara. Di sektor pariwisata.

Kabupaten Buton Tengah memilik tempat-tempat wisata yang mulai di kenal oleh para wisatawan, seperti Pantai Katembe, Pantai Mutiara dan Pantai Marlboro, Gua Maobu, Gua Gumanano, Gua Loba-loba dan tempat-tempat lainnya. Diantara sejumlah objek wisata tersebut, pantai Mutiara di desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka kini tengah dikembangkan menjadi salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Buton Tengah.

Gumanano, adalah sebuah desa di Kecamatan Mawasangka. Desa ini jika ditempuh dari pelabuhan Wamengkoli, Buton sejauh sekitar 84 kilometer. Untuk menuju ke Pantai Mutiara, Anda harus pergi ke Desa Gumanano terlebih dahulu. Desa ini sangat terpencil, sehingga tidak mudah untuk menuju kesana.

Perjalanan bisa dimulai dari pusat kota Labungkari, ibukota Kabupaten Buton Tengah. Kabupaten Buton Tengah bisa diakses dari kota Baubau dengan menggunakan kapal feri. Kota ini bisa diakses melalui jalur udara dari Jakarta melalui Kendari selama 3 jam, selanjutnya menuju ke Baubau dengan menggunakan kapal cepat selama 5 jam.

Tiba di pantai Mutiara, anda akan disambut oleh keindahan pantai ini. Pasir putih yang halus membentang di sepanjang pantai. Pantai Mutiara akan semakin indah, jika air sedang surut, karena pasir putihnya akan semakin luas terlihat. Ditambah lagi, dengan air lautnya yang biru dan jernih. Tak heran, jika pantai ini menjadi primadona pariwisata Buton Tengah.

Banyak wisatawan yang datang kesini mengabadikan keindahan pantai Mutiara dengan kamera mereka. Tak lupa mereka menikmati kejernihan air lautnya dengan berenang. Selain berenang, bagi pengunjung yang hobi memancing dapat menyalurkan hobinya disini karena terdapat banyak sekali jenis ikan yang berenang di lautan.

Selain berwisata di pantai Mutiara, pengunjung juga dapat menikmati objek wisata lainnya di desa Gumanano. Di desa ini juga terdapat sebuah benteng peninggalan Kesultanan Buton yaitu Benteng Lasayidewa. Benteng ini mempunyai 7 (tujuh) lawa (pintu). Anda juga dapat mandi di Permandian Gumanano, airnya segar hanya saja sedikit payau.

Source http://voinews.id http://voinews.id/indonesian/index.php/component/k2/item/5940-pantai-mutiara-sulawesi-tenggara
Comments
Loading...