Pantai Monggalan di Klungkung

0 24

Pantai Monggalan

Pantai Monggalan dapat dijadikan sebagai tempat penyeberangan menuju ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Tidak hanya sebagai tempat penyeberangan, pantai ini juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata pantai yang menyenangkan. Pantai ini masih alami dan asri. Di pantai ini kita bisa berfoto ria di samping jukung-jukung para nelayan yang bersandar dengan rapi di pingir pantai.

Pantai ini merupakan pantai matahari terbit, pagi hari pantai ini sangat bagus melihat sang surya muncul dari balik cakrawala. Keindahan sang surya yang berwarna kemerah merahan dipadukan dengan aktivitas para nelayan yang mencari ikan, sungguh pemandangan yang unik. Pantai Monggalan sore hari dapat dijadikan sebagai arena bermain seperti bermain voli atau sepak bola, karena memiliki area pantai yang cukup luas.

Selain memiliki pemandangan alam yang bagus dan asri, ada hal yang unik yang bisa kita temukan di pantai ini, yakni aktivitas petani garam membuat garam secara tradisional. Meski aktivitas pembuatan garam tradisional sudah mulai berkurang karena kurang menguntungkan bagi pelakunya. Tetapi, garam Kusamba terkenal sebagai produk garam yang bermutu tinggi, cita rasa lebih gurih dan mempunyai citra produk garam tradisional sebagai garam laut yang unik. Jika cuaca mendukung, kita bisa melihat secara langsung proses pembuatan garam tradisional ini di pantai Monggalan.

Akses Menuju Pantai Monggalan

Lokasi tempat wisata Pantai Monggalan berada Jalan Windu Segara I, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali. Dari obyek wisata Goa Lawah hanya berjarak 3,2 km (9 menit perjalanan), dari tempat wisata Kertha Gosa (Kota Semarapura) hanya berjarak 7,5 km (16 menit perlajanan), dari denpasar hanya berjarak 33 km (59 menit perjalanan), dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 45,7 km (1 jam 11 menit perjalanan). Semua jarak tersebut berdasarkan Google Map dan asumsi semua perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Akses menuju tempat wisata pantai Monggalan sangatlah mudah karena jalan untuk sudah diaspal dengan sangat baik sekali. Berikut cara mengakses tempat wisata pantai Monggalan dari Bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari kawasan bandara, ambil jalan ke By Pass Ngurah Rai menuju Sanur melalui jalan Tol Bali Mandara hingga ketempat wisata Patung Titi Banda.

Dari patung titi Banda menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra ke Timur hingga ke perempatan Kusamba – Semarapura – Goa Lawah, kemudian belok ke kanan menuju jalan Kusanegara. Dari perempatan ini kira-kira menempuh jarak 2 km (2 menit perjalanan) belok ke kanan untuk menuju Jalan Windu Segara kemudian ke Jalan Windu Segara I. Ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai di kawasan pantai.

Source https://www.longtripmania.org https://www.longtripmania.org/2017/01/tempat-wisata-pantai-monggalan-kusamba.html
Comments
Loading...