Pantai Monano, Surga Tersembunyi di Gorontalo Utara

0 44

Pantai Monano

Kecantikannya yang belum banyak diketahui orang membuat pengunjung seperti punya pantai sendiri.  Pada hari Sabtu rombongan travelling BaPaKe berkesempatan mengunjungi Kabupaten Gorontalo Utara. Bagi saya ini adalah kesempatan pertama saya mengunjungi Kabupaten yang terletak di sebelah utara Kota Gorontalo ini. Dari perjalanan kali ini saya bisa tahu bahwa ternyata Provinsi Gorontalo itu sangat indah dan memiliki tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi.

Perjalanan kami dimulai  pada pukul 09.00 WITA  dari Kota Gorontalo menuju Kwandang ibukota dari Kabupaten Gorontalo Utara tanpa tujuan yang pasti. Di Kwandang kami berhenti sebentar untuk bertemu dengan tour guide kami. Oleh tour guide, kami diarahkan menuju Otanojini yaitu sebuah situs batu karang yang cukup unik di Kecamatan Atinggola.

Selepas makan siang perjalanan kami lanjutkan ke Pantai Monano yang terletak di Kecamatan Monano yang letaknya cukup jauh dari Kecamatan Atinggola, untuk sampai ke pantai ini pengunjung harus melewati jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Gorontalo Utara dengan Kota Buol di Sulawesi Tengah. Namun jauhnya perjalanan tersebut tidak terasa karena disepanjang jalan Trans Sulawesi yang kami lalui pemandangan alam berupa bukit-bukit nan hijau tampak begitu indah di mata kami, Jalan trans sulawesinya juga cukup bagus untuk dilalui (tidak ada lobang-lobangnya).

Setelah kurang lebih satu jam kami mengarungi panasnya jalan beraspal kami sampai di pintu masuk Pantai Monano. Butuh waktu sekira sepuluh menit dari jalan trans sulawesi untuk sampai di kawasan Pantai Monano. Begitu sampai di Pantai Monano rombongan kami disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang di tepi pantai dan. Pantai ini cocok untuk bermain bersama keluarga. Pada saat kami datang ombak tidak begitu besar, sehingga banyak anak-anak yang berenang. Namun menurut keterangan dari penduduk sekitar pada Bulan Januari yang lalu ombak mencapai ketinggian lima meter.

Selain berenang pengunjung juga dapat bermain-main dengan pasir seperti yang dilakukan oleh anak-anak yang kami lihat di sore itu. Untuk menahan abrasi air laut pada Tahun 2014 Kementerian Pekerjaan Umum membuat tanggal penahan ombak. Sampai dengan saat ini pengunjung belum ditarik tiket masuk ke kawasan pantai ini, karena masih terdapat lahan milik penduduk yang belum dibebaskan oleh pemda Kabupaten Gorontalo Utara.

Namun demikian di pantai ini telah disediakan dua cottage yang bisa disewa oleh pengunjung dengan harga per malam Rp250.000,00. Selain untuk bertamasya bersama keluarga Pantai Monano juga digunakan sebagai bumi perkemahan pramuka tingkat Kabupaten dan Provinsi, bahkan pada tahun 2013 ditempat ini diadakan acara festival ketrampilan saka bahari tingkat nasional. Untuk menuju ke Pantai ini pengunjung dapat menyewa mobil rental dari Kota Gorontalo yang harganya bervariatif tergantung perusahaan jasa travel atau menggunakan angkutan kota dengan tarif Rp35.000,00 sampai Kecamatan Monano.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2929843/pantai-monano-surga-tersembunyi-di-gorontalo-utara
Comments
Loading...