Pantai Mingar di Kota Lembata

0 157

Pantai Mingar

Pantai Mingar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung dengan jarak tempuh 36 km dari kota Lewoleba. Pantai Pasir Putih Mingar merupakan sebuah pantaai berpsir putih yang memiliki gelombang laut yang bergulung indah sangat cocok untuk berjemur, diving maupun snorkelling. Pantai Mingar memiliki pasir putih dengan garis pantai yang panjang.

 

Wisatawan/pengunjung dapat melakukan kegiatan wisata pantai seperti selancar dan Fun surfing karena mempunyai gelombang pantai yang cukup tinggi, selain itu di sekitar pantai terdapat hutan tropis yang sejuk yang dihuni oleh satwa liar. Di depan Pantai terdapat pulau Sewanggi dengan panorama alam bawa laut yang indah, dan tanjung Naga dengan panorama alam gua Walet.

Di pantai ini juga menjadi lokasi ndilaksanakannya Ritual pengambilan Nale (sejenis cacing laut berwarna hijau dan merah yang muncul ketika bulan purnama pada bulan Februari. Lokasi pantai ini pada tahun 2013 lalu, telah dijadikan obyek Lomba Foto yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Rally Wisata Bahari pada tahun 2013 yang lalu. Foto-foto ini adalah hasil jepretan salah satu peserta Lomba.

Untuk mendukung pengembangan obyek wisata pantai ini, pada tahun 2013 yang lalu Dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Lembata telah membangun beberapa unit gazebo/lopo, gapura masuk dan MCK Wisata. Diharapkan berkat dukungan masyarakat dan pemerintah kabupaten lembata, pantai ini dapat menjadi obyek wisata unggulan yang berskala nasional maupun internasional. Untuk menuju ke lokasi juga telah tersedia angkutan umum.

Source http://www.wisata.nttprov.go.id http://www.wisata.nttprov.go.id/index.php/2014-01-20-04-43-22/lembata/105-pantai-mingar
Comments
Loading...