Pantai Mandiri, Wisata Alam di Krui Selatan

0 58

Pantai Mandiri

Pantai Mandiri merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Dusun Mandiri Heni, sekitar 11 km dari pusat kota Krui, ke arah selatan. Pantai yang terletak di ujung kota Krui ini berada di dekat sungai Way Mahenay, yang dahulu merupakan pemisah antara kecamatan Pesisir Tengah dengan kecamatan Pesisir Selatan. Sekarang, setelah pemekaran kecamatan, Pantai ini terletak di kecamatan berbeda, yaitu di kecamatan Krui Selatan.

 

Berbeda dengan kebanyakan pantai Krui lainnya, Pantai Mandiri tidak mempunyai terumbu karang. Ombak di pantai ini pecah di pasir. Pada bagian paling pinggir, ombak yang memecah bercampur dengan pasir sehingga berwarna coklat kehitaman. Namun pada bagian agak ke tengah, air lautnya bersih bening, tidak terkena polusi apa pun. Pantai Mandiri terletak agak jauh dari muara sungai sehingga jarang terkena kiriman sampah ketika sungai banjir.

Sehari-harinya pantai ini relatif lebih bersih dari pantai-pantai lainnya di Krui. Namun pasirnya yang hitam membuat suasana agak kurang romantis. Letak Pantai Mandiri agak jauh dari perkampungan penduduk. Kalau Anda datang ke pantai ini pada saat hari kerja, Anda nyaris tidak akan menemui siapa-siapa. Tidak ada pangkalan nelayan berlabuh di sini. Pantai ini terekspos untuk wisata semata. Panjang garis pantainya yang mencapai 1 km lebih akan membuat Anda tambah terasing.

Dengan demikian, pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyendiri. Pada bagian selatan, dekat muara sungai Way Mahenay, terdapat surf camps, tempat menginap para peselancar. Di sini terdapat ombak yang cocok untuk berselancar. Meski tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan ombak di pantai-pantai lainnya, ombak di pantai ini mempunyai keunikan karena pecah di pasir (peselancar menyebutnya beach breaks). Ombak di Pantai Mandiri adalah satu-satunya beach breaks di Krui.

Source http://novenrique.blogspot.com http://novenrique.blogspot.com/2011/05/pantai-mandiri.html
Comments
Loading...