Pantai Mananga Aba, Wisata Alam di Sumba Barat

0 164

Pantai Mananga Aba

Pantai Mananga Aba merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Pulau Sumba ini berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Kita, tidak harus bingung dengan Pantai Kuta di Bali atau Lombok, pantai ini menghadap Selat Sumba dan Pulau Komodo di mana dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dari satu bidang terbuka langsung dari pantai. Selain itu, air jernih dan pasir putih yang ditawarkan menambah perasaan pengasingan – persembunyian yang sempurna jauh dari dunia yang bising terutama karena pantai ini masih jarang dikunjungi. Untuk makanan di daerah ini sederhana. Anda akan menemukan nasi goreng, ayam dan telur, atau mie di warung tepi pantai. Meskipun sederhana tapi makanannya lezat.

Aktifitas di Pantai Mananga Aba

Meskipun kadang-kadang disebut Pantai Kita, setelah pengembang pantai ini yang bernama Kita, warga setempat masih menyebutnya pantai Mananga Aba, berkunjung ke sini selama liburan ketika mereka tiba bersama-sama dengan seluruh keluarga mereka untuk hanya menikmati piknik, berenang atau berjalan-jalan di pantai, atau hanya menonton keindahan laut yang memiliki warna yang beragam dari biru muda, aquamarine hingga biru tua. Lainnya pergi berperahu, atau memancing. Dengan ikan yang ditangkap, seluruh keluarga bisa menikmati sore yang indah di pantai.

Tips Berwisata di Pantai Mananga Aba 

Bila Anda berencana untuk berenang di laut, pastikan untuk mencari daerah di mana gelombang tenang, hal ini karena di sepanjang daerah lain memiliki pantai curam, arus kuat dan gelombang besar bisa berbahaya. Pastikan untuk tidak membuang sampah berserakan di sepanjang garis pantai ini murni meskipun Anda mungkin menemukan ranting mati akibat gelombang.

Akomodasi di Pantai Mananga Aba

Hotel Pantai, yang dimiliki oleh seorang warga Baliyang dipanggil Kita, sekarang berdiri di tepi pantai ini. Hotel ini menawarkan kamar standar internasional dan restoran dengan tarif kamar berkisar antara Rp. 400.000 menjadi Rp. 1 juta. Hotel ini juga menawarkan transportasi ke dan dari bandara Tambolaka.

Akses Menuju Pantai Mananga Aba

Garuda Indonesia dan Wings Air mengoperasikan penerbangan dari Bali ke bandara Tambolaka di pulau Sumba. Pantai Kita (pantai Manang Aba) terletak hanya sekitar 30 menit berkendara dari Bandara Tambolaka. Sebagian besar dari jalan ke pantai ini tidak diaspal meskipun masih bisa dilewati oleh mobil. Satu-satunya pilihan transportasi ke pantai ini adalah untuk menyewa mobil di bandara.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pantai-mananga-aba-menyaksikan-matahari-terbit-dan-matahari-terbenam-dengan-menakjubkan-di-atas-sumba
Comments
Loading...