Pantai Mampie, Surga Kecil di Sulawesi Barat

0 46

Pantai Mampie

Pantai Mampie di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi salah satu obyek wisata yang selalu dipadati warga Polewali, bahkan warga dari luar daerah seperti Pinrang, Majene, dan Mamuju untuk mengisi liburan mereka bersama keluarga. Pantai Mampie yang asri, indah, dan terbentang sepanjang lebih dari 3 kilometer  dan tepat menghadap selat Makassar menjadikan obyek wisata ini salah satu pilihan warga untuk mengisi liburan panjang.

 

Jika menuju Pantai Mampie, Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah, tambak udang dan ikan milik warga setempat juga hutan mangrove yang di dalamnya dihuni satwa langka seperti bangau putih, bangau hitam, pecuk ular, belibis hingga burung pelican Australia.

Sebelum masuk Pantai Mampie, anda akan disambut dengan pintu berbahan bambu dan kayu. Untuk diketahui, ada empat pintu yang disediakan bagi pengunjung agar tidak berdesakan masuk, terutama pada musim libur.

Untuk masuk, Anda akan dikenakan biaya yang cukup murah yakni Rp3 ribu bagi orang dewasa, Rp2 ribu untuk anak-anak. Setelah melewati pintu gerbang, Anda disambut pohon kelapa yang membentang sepajang pantai wisata serta gazebo dari warga setempat. Pantai ini bebas macet dan memiliki berbagai wahana hiburan tradisional yang aman bagi wisatawan seperti wisata perahu sambil menikmati eksotisme pantai. Di Pantai Mampie pula, bisa anda rasakan sensasi mengendarai banana boat dan permainan outdor flying fox dengan biaya terjangkau yakni Rp10 ribu, sekali bermain.

Di sepanjang pantai, pengunjung bebas memilih tempat yang nyaman. Anda bahkan bisa bermain sepak bola pantai layaknya Anda bermain bola di lapangan luas atau bermain sepak takraw dan bermain voli pantai. Pilihan lainnya, Anda bisa bermain gundukan pasir bersama teman, keluarga, atau anak-anak, dan ini dijamin bisa menciptakan suasana harmonis. Anda yang tak ingin repot menyediakan bekal makanan tak perlu khawatir. Di lokasi ini Anda bisa menikmati aneka makanan khas termasuk ikan segar yang bisa dinikmati langsung atau dibakar sendiri.

Puluhan gazebo yang didirikan pemerintah dan warga di sepanjang Pantai Mampie bisa jadi pilihan Anda beristirahat atau menikmati makanan yang dijajakan para pedagang. Suasana sejuk akan anda dapatkan jika berisitirahat dibawah gazebo yang telah disediakan, semilir angin akan menghembus dari arah lautan dan memberikan kesegaran yang sempurna.

Tingkat kunjungan ke objek wisata Pantai Mampie mencapai puncaknya saat hari libur, akhir pekan dan setelah perayaan hari lebaran Idul Fitri, pengunjung bisa sangat ramai pada momen-momen tersebut, ratusan orang akan memadati Mampie hanya untuk sekedar berwisata menaikmati pantai dan fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Karena kenyamanan tempat inilah yang selalu menjadi alasan mengapa orang-orang ingin kembali lagi ke tempat ini. Untuk dapat sampai ke Pantai Mampie, Anda harus menempuh sekitar 9 km dari jalan raya, Trans Sulawesi, melalui Tumpiling yang daapt ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat sekitar 20 menit perjalanan. Sebelum benar-benar sampai ke tempat ini, sebelumnya Anda akan melalui tambak dan persawahan warga.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-barat/pantai-mampie-surga-kecil-sulawesi-barat.html
Comments
Loading...