Pantai Maligi, Kabupaten Pasaman Barat

0 28

Pantai Maligi

Pantai Maligi merupakan daerah Pesisir yang letaknya di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. Maligi memiliki garis pantai yang panjang dan luas. Kebersihan pantai ini masih terjaga keindahannya sangat asri karna di pinggir pantai tersebut masyarakat memanfaatkan lahan dengan menanam pohon kelapa. Ada beberapa komoditi yang dapat diperoleh dari pohon kelapa, yaitu buah, daun dan bagian-bagian Batang.
   
Berikut adalah manfaat dari bagian-bagian pohon kelapa :
  1. Batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yang menarik
  2. Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupat dan juga atap rumah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate).
  3. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.

  1. Santannya udah jelas buat masakan apa saja bahkan bisa di olah menjadi minyak.
  2. Akar kelapa dapat bermanfaat untuk kehidupan. Akar ini bisa dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Bisa juga dimanfaatkan untuk obatobatan (dalam ukuran atau takaran tertentu).
  3. Sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya dapat digunakan untuk pelapis jok dan kursi, serta pembuatan tali. Tempurung kelapa juga dapat digunakan untuk arang batok. Arang batok ini dapat digunakan sebagai “kayu bakar”. Bisa juga diolah menjadi arang aktif yang diperlukan oleh berbagai keperluan industri pengolahan. Tak hanya itu saja, tempurung kelapa juga bisa dijadikan kancing, aksesori kotak perhiasan, dan sebagainya.

Perjalanan ke Pantai Maligi dari Simpang 4 Perkiraan menempuh 90 Menit Perjalanan sama dengan Ujung Gading ke Maligi. Kali ini kita masuk dari kota Ujung Gading yaitu melalui Simpang SMA N 1 Sungai Aur di Air Haji dengan melintasi Perkebunan Sawit PT AGRO yang nantinya kita melalui penyeberangan sungai batang Alin dengan menggunakan Getek/ Ponton yang telah disediakan warga setempat. Diseberang sungai tersebut kita telah memasuki kawasan dari PHP (Pemberi Harapan Palsu) eh salah …… Hahahah maaf maaf. Permata Hijau Pasaman (PHP), setelah sampai di PHP kita belok ke kiri untuk menuju Leter T. Leter T merupakan Kampung yang memilki persimpangan untuk menuju ke Maligi kita belok kanan dan Sikilang kita belok ke kiri.

Sekitar 15 Menit perjalanan dari Leter T kita sampai ke Perkampungan dan Pantai Maligi. Aktivitas warga masyarakat maligi ada yang bekerja sebagai nelayan, petani, PNS pelajar, pengusaha dan berbagai macam profesi lainnya. Suasana perkampungannya sangat damai dan penuh keramahan sehingga membuat kita betah untuk berkunjung kesini. Kenapa tidak selain ramah kita juga dapat memperoleh ikan segar yang baru ditangkap betapa manisnya rasa daging ikan yang baru didapatkan langsung di olah dengan bumbu alami dan makan sambil menatap liuk-liuk burung camar di bawah pohon pinus tak kalah eksotisnya segelas es kelapa muda pun menyertainya guys. Memang tak bisa dipungkiri Keelokan Nyiur melambai-lambai ditepi pantai menambah keanggunan tempat ini.

Source http://www.wisatapasamanbarat.com http://www.wisatapasamanbarat.com/2016/11/nyiur-hijau-melambai-di-pantai-maligi.html
Comments
Loading...