Pantai Luari : Pantai Pasir Putih Primadona Maluku Utara

0 10

Pantai Luari

Pantai Luariini berada di Desa Luari yang terletak antara Perbatasan Kecamatan Tobelo dan Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara dari Tobelo untuk mencapainya. Pantai ini dikenal dengan pasirnya yang putih, yang jarang bisa ditemui di wilayah Tobelo, karena sebagian besar pantai di wilayah Tobelo merupakan pantai berpasir hitam.

   

Banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini, salah satunya adalah pantainya yang langsung berhadapan dengan Samudra Pasifik sehingga pemandangan biru laut membentang sampai ujung mata memandang. Di pantai yang letaknya tidak jauh dari pusat kota wilayah Tobelo ini, Anda bisa menikmati sunrise dan sunset di hari yang sama dan tempat yang sama pula.

Nama Luari berasal dari sejarah turun-temurun yang berada di daerah sekitar pantai ini. Konon, dahulu pernah terjadi perselisihan wilayah antar penduduk dua daerah di sekitar pantai ini. Akhirnya, penduduk kedua wilayah tersebut memutuskan untuk mencari penyelesaiannya. Atas inisiatif dari para tokoh masyarakat setempat, mereka berkumpul di pantai ini dengan tujuan untuk membahas penyelesaian atas konflik tersebut. Pantai ini dirasa sebagai tempat yang netral, lalu mereka mencoba mencari tahu terlebih dahulu apa masalah yang sedang terjadi. Pada akhirnya di pantai ini, masalah yang terjadi dapat terlihat, sehingga dapat diselesaikan. Karena mereka dapat melihat masalah tersebut di tempat ini, maka penduduk setempat sepakat menyebut pantai ini sebagai Pantai Luari, yang artinya adalah melihat dari luar.

Pantai ini pun menjadi primadona andalan tujuan wisata bagi wisatawan lokal, maupun wisatawan dari luar Kabupaten Halmahera Utara yang berkunjung ke kabupaten tersebut. Disini Anda akan disuguhkan panorama yang sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan jernihnya air laut yang sangat ideal untuk kegiatan berenang dan berperahu. Jika anda menggunakan perahu kearah utara pantai ini, di sana anda akan menemukan bunga-bunga karang yang indah dan memiliki kualitas yang terpelihara dengan baik.

Bagi Anda yang suka snorkeling, tempat ini bisa menjadi salah satu agenda anda apabila ke Tobelo. Meskipun terumbu karang di area pantai sudah ada yang rusak, namun sebagian besar masih bagus. Menurut informasi dari salah seorang nelayan setempat, itu disebabkan karena dahulu aktifitas pengeboman ikan di pantai ini sering terjadi. Namun syukurlah sekarang sudah dilarang.

Pantai ini dikenal sebagai satu-satunya pantai di Kabupaten Halmahera Utara di mana momen sunrise dan sunset yang sangat indah terjadi. Oleh karena itu, di pantai ini Anda bisa menikmati momen sunrise dan sunset sekaligus. Momen sunset bisa dinikmati di sebelah kiri pantai, yaitu di tanjung utara pantai. Anda bisa menyusuri sepanjang pantai di daerah ini sambil menikmati indahnya pasir putih pantai. Sedangkan di sisi sebaliknya Anda bisa menikmati momen sunrise dengan pantai berpasir krem yang akan mengantarkan Anda menuju tanjung dengan batu-batu karang yang sangat indah.

Tidak akan kesulitan mencari makanan di tempat ini. Pisang mulu bebe’, kelapa muda, rujak, jagung rebus manis, ikan bakar, dll, siap memanjakan lidah anda. Semuanya dijual oleh masyarakat  setempat. Ketika masuk ke pantai ini, maka akan dikenakan retribusi Rp 20.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk motor jika di akhir pekan. Sedangkan di hari biasa, gratis. Selain itu, fasilitas penunjang di pantai ini sudah cukup baik, seperti tersedianya tempat sampah dan toilet umum.

Bagi Anda yang juga tertarik pada pengalaman baru, Anda bisa mengajak teman-teman baik Anda dan berbagi pengalaman di sini. Daya tarik yang menggoda serta biaya yang murah membuat pantai ini patut Anda kunjungi ketika berada di Halmahera Utara. Untuk bisa sampai ke Pantai Luari, Anda bisa menumpang angkot jurusan Tobelo-Galela dengan tarif Rp10.000 dan bisa langsung turun di depan Pantai Luari, atau jika diturunkan di jalan besar, Anda bisa berjalan sekitar 100 meter hingga sampai ke Pantai Luari. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, maka berjalanlah ke arah Galela. Ketika terlihat gapura Desa Luari, perhatikan kanan jalan, dan Anda akan menemukan papan nama Pantai Luari.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku-utara/pantai-luari-pantai-pasir-putih-primadona-maluku-utara.html
Comments
Loading...