Pantai Licin : Keindahan Wisata Pantai di Kab. Malang

0 16

Pantai Licin

Pantai Licin merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keindahan alam yang memukau, dan di Pantai Licin ini juga menjadi daya tarik wisatawan untu berlibur. Pantai Licin ini terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.   

Rute: Dari Malang, Bululawang, Turen, Dampit lalu Tirtoyudo dan Ampelgading dari Kota Malang atau Lumajang bisa belok di pertigaan Sumberejo, Desa Tamansari, Kecamatan Ampelgading, dilanjutkan menuju Desa Lebakharjo. setelah dari Desa Lebakharjo bisa dilanjutkan perjalanan menuju Pantai Licin dengan alternative jalan :

  1. .Lebakharjo – Tempursari – Dusun Licin ( lewat jembatan cor – padang pasir, sepeda motor bisa melewati, sedangkan mobil di parkir di warga sekitar, selanjutnya bisa menggunakan jasa ojek )
  2. Lebakharjo – Dusun Licin ( Lewat Alas, hanya sepeda motor saja yang bisa melewati, dan disarankan tidak menggunakan sepeda motor matic).
    Selama perjalanan menuju Pantai Licin akan menemui jalan naik turun bukit yang berliku-liku, dengan tikungan yang tajam, dan juga ada beberapa jalan yg rusak.
    Jarak : dari Malang 80 km

 

Pantai Licin terletak di Dusun Licin, Pantai ini berada di paling ujung selatan timur Kabupaten Malang. Sebenarnya nama awal pantai ini adalah Pantai Pasir Putih. Sebab hampir di seluruh pantai ini dahulu terhampar pasir putih yang sangat luas.

Namun sekitar tahun 1960-an, kawasan tersebut menjadi sangat licin akibat lumut. Hal ini karena di sekitar pantai dan perkampungan itu dulunya merupakan hutan lebat dan sering terjadi banjir. Lama kelamaan seluruh tanahnya berlumut dan menjadi sangat licin. Hingga sekarang wilayah itu dinamakan Dusun Licin, pantainya pun ikut disebut masyarakat dengan sebutan Pantai Licin.

Uniknya, seluruh hamparan pasir di Pantai Licin tidak berwarna putih lagi melainkan hitam legam. Pasir hitam ini ternyata berasal dari aliran lahar Gunung Semeru yang bermuara di sisi timur pantai. Terlalu banyaknya pasir hitam yang terbawa arus air di Sungai Glidik (Coban Sewu) dan masuk ke laut menjadikan pasir ini terbawa ombak sampai menutupi pasir putih. Hal ini merupakan fenomena alam yang langka. Dapat kita lihat sepanjang Pantai Licin hingga ke pantai yang masuk kawasan Lumajang, semuanya terhampar warna hitam.

Source http://pantaimalangraya.blogspot.com http://pantaimalangraya.blogspot.com/2016/06/pantai-licin.html
Comments
Loading...