Pantai Lewolein di Kota Lembata

0 159

Pantai Lewolein

Pantai Lewolein merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Lembata-Nusa Tenggara Timur. Tepatnya berada di Desa Dikesare, sekitar 27 km dari Lewoleba yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Hamparan pasir putih membentang sepanjang pantai, serta rindangnya pohon kelapa yang meneduhkan pantai menjadi ciri khas tempat ini. Belum lagi pemandangan matahari terbenam yang dapat anda saksikan  di Pantai Lewolein karena berhadapan langsung  dengan Gunung Ile Ape.

Teluk Lewolein ini memiliki panorama yang sangat memanjakan mata,di bagian ujung timur pantai terdapat jejeran batu karang dan hutan bakau yang menghijau sedangkan di ujung barat pantai ini terdiri dari hamparan pasir putih yang sangat cocok menjadi tempat berjemur setelah anda puas snorkling, diving dan menikmati keindahan alam bawah laut Pantai Lewolein. Tempat ini sudah dibangun dengan gazebo gazebo yang unik sebagai tempat istirahat dan letaknya dibawah nyiur kelapa, menjadikan suasana damai.

   

Letak Desa Dikesare sangat strategis. Desa ini adalah satu-satunya jalan penghubung jalur darat antara bagian barat dengan bagian Timur Pulau Lembata, ini yang membuat Desa Dikesare selalu ramai dengan kendaraan yang lalu-lalu hampir 24 jam sehingga anda tidak akan dipersulit dengan akses menuju Pantai Lewolein.

Selama berada di tempat ini anda jangan merasa khawatir soal makanan, karena ditempat ini tersedia berbagai jajanan dan menu makanan daerah setempat  yang juga siap mengenyangkan perut seperti ketupat, ikan bakar,gurita lawar, cumi-cumi dan lain lain yang pastinya dari hasil laut sendiri yang masih segar dan tentu bebas dari bahan pengawet.

Jika anda mengambil rute kendaraan yang akan tiba ditempat ini sekitar jam 4-5 pagi, anda tidak akan merasa sepi,karena tempat ini sudah ramai dengan Ibu-Ibu Dikesare yang menjajakan makanan serta minuman hangat kepada penumpang kendaraan yang akan  beristrahat sejenak di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan mereka.

Penduduk Desa Dikesare dikenal sangat ramah dalam menjamu tamu yang datang ke tempat mereka, sehingga anda tidak perlu merasa  sungkan jika merasa membutuhkan bantuan.

Keunikan Pantai Lewolein inilah yang kemudian membawa banyak wisatawan yang berkunjung kesana,bahkan wisatawan mancanegara seperti Pakistan, Belanda,Australia dst. Hal lain tentang Pantai Lewolein adalah kekayaan baharinya yang melimpah ruah, tak ayal Desa Dikesare sering menjadi tempat perlombaan memancing se-Propinsi NTT dan juga pernah menjadi tuan rumah dalam acara Musyawarah Besar VI Petani Nelayan Flores & Kepulauan.

Source http://myfirsrttry.blogspot.com http://myfirsrttry.blogspot.com/2015/03/lewolein-beach.html
Comments
Loading...