Pantai Lestari Tanah Hitam Paloh

Jpeg
0 123
Tanjung Lestari merupakan salah satu pantai yang paling populer di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Tempat yang paling disenangi oleh remaja-remaja yang untuk santai bersama teman-teman. Sekarang ini Pantai Tanjung Lestari telah direnovasi oleh Bapak Hayroni Jali (Pengelola Pantai Tanjung Lestari), terdapat tugu penyu yang terdampar dihamparan pasir, yang merupakan salah satu satwa unggulan daerah Paloh.
Ada juga tugu sepatu yang mengandung arti “jalan terus pantang menyerah”, lambang tangan yang mengandung arti “kerja keras pengelola untuk membangun objek wisata”, tugu meriam yang sengaja dibuat menggunakan semen sebagai barang kuno yang harus dilestarikan, dan tugu tokek yang begitu unik. Keunikan dan keindahan inilah yang membuat pengunjung menjadi tertarik untuk dating dan menikmati keindahan panorama di Pantai Tanjung Lestari.
Pantai ini Mulai dikelola sejak 1999. Pengelola diberikan penghargaan sebagai pelopor Pariwisata, Seni dan Budaya pada tahun 2002. Namun sampai saat ini pemerintah maupun masyarakat setempat belum memberikan bantuan untuk pembangunan objek wisata ini, pembangunan objek wisata ini hanya di biayai oleh pengelola. “Diberi nama Tanjung Lestari karena tujuan pengelola membangun objek wisata ini adalah untuk melestarikan pantai yang ada di Tanah Hitam dan merupakan salah satu bentuk pengabdiannya terhadap lingkungan.
Pantai ini sangat unik di bandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Tanah Hitam, lokasinya strategis dan tiketnya sangat murah, hampir setiap weekend saya dan keluarga pergi ke Pantai ini untuk menenangkan pikiran karena di sini pemandangannya sangat indah dan nyaman’’ ungkap seorang pengunjung yang bernama Junaidi. Untuk ke depannya, jika ada bantuan dari pemerintah pantai ini akan di desain lebih indah lagi dari sebelumnya dan menambah fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Lestari.’’
Setelah beberapa tahun tempat wisata ini didirikan, masyarakat sudah bisa merasakan manfaat adanya tempat wisata ini khususnya pada saat diadakan acara di pantai ini, masyarakat mendapatkan keuntungan dengan cara berdagang di lokasi Pantai Tanjung Lestari dan pengunjung yang datang hampir seribu orang pada setiap tahunnya” Ungkap Bapak Khaironi (pengelola pantai).
Source http://palohsolidaritas.blogspot.com http://palohsolidaritas.blogspot.com/2015/02/pantai-lestari-tanah-hitam-paloh.html
Comments
Loading...