Pantai Lange Aceh Besar : Surga Tersembunyi di Aceh

0 11

Pantai Lange

Pantai Lange merupakan pantai yang sangat indah, Di sini Anda bisa memanjakan diri sendiri di satu tempat yang menarik di mana dua air mancur menyembur dari balik tebing. Tempat ini dikenal Pantai Ie Rah, terletak di Gampong (Desa) Lam Lhom, Aceh Besar. Keindahannya yang tersembunyi  di dalamnya mencerminkan eksotisme yang tak tersentuh. Banyak backpacker lokal dan dari daerah lain penasaran untuk menempuh pesonanya, dengan sawah dan perbukitan hijau di sepanjang jalan.

  

Beberapa pohon pandan besar mempercantik pemandangan alam di sekitar Pantai Lange. Samudera Hindia membentang sejauh mata memandang. Matahari bulat sempurna dengan anggun. Garis pantai di bawah, bersih dan murni, menjadi kuning pada sore hari. Pantai Lange adalah ibarat sebuah kanvas panjang yang siap dilukis di senja hari.

Keindahan Pantai Lange 

Pantai ini berada sekitar 500 meter sisi kanan Pantai Lange. Anda diharuskan menuruni bukit dan menyeberangi tebing setinggi 4 meter untuk mencapai Ie Rah. Ada dua pilihan: dengan hati-hati memanjatnya atau mengambil sisi lain pantai untuk melewati celah batu. Setibanya di garis pantai seperti berjalan melewati padang pasir dengan  tidak ada suara ombak, setelah tiba di Pantai Ie Rah, Anda akan  menyaksikan Air mancur menyembur dari tebing di garis pantai. Ketinggiannya bisa mencapai 5 meter.

Petualangan akan semakin asyik dan menarik jika Anda bermalam di Pantai Ie Rah. Anda dapat memasang tenda untuk bermalam dan menyiapkan api unggun sementara kayu bakar mudah ditemukan di sekitar pantai. Menyiapakan kopi sambil bercerita, dihibur suara laut yang melambai dan binatang dari hutan di belakang tenda saling berteriak adalah pengalaman yang menarik dan mengesankan. Pada malam hari, Anda akan disuguhi pemandangan bintang berkelap-kelip di langit, ombak menghantam terumbu karang dengan ritme yang menenangkan. Momen ini adalah momen yang tepat untuk mengambil foto terbaik.

Tips Berwisata Pantai Lange 

Sebelum meninggalkan lokasi, jangan lupa untuk tidak meninggalkan sampah sedikitpun. Ambil sampah plastik dan masukkan ke dalam kantung besar. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang sangat indah ini. Menikmati pemandangan alam di Lange dan Ie Rah tidak dipungut biaya. Jika Anda ingin ke sana, jangan lupa membawa peralatan logistik dan semalam. Dibutuhkan setidaknya dua botol air mineral besar per orang per malam. Mintalah izin kepada penduduk setempat di desa terdekat sebelum menuju ke Lange, dan akan lebih baik jika mereka bisa menemani perjalanan Anda juga.

Akses Menuju Pantai Lange 

Perjalanan dimulai dari Banda Aceh ke Lampuuk dan memakan waktu sekitar 30 menit untuk jarak tempuh 20 kilometer, atau hanya 15 menit dari jalan utama Banda Aceh ke Lhok Nga. Ketika melewati gerbang masuk Pantai Lampuuk, Anda dapat mengambil jalan desa sampai tiba di persimpangan Gampong Meunasah Lamgirek. Di sini, Anda akan menemukan rambu Lantai Lange dan Pengunungan Lampuuk. Anda perlu menyusuri hutan yang sepi dan memasuki jalan berbatu.

Fase terberat adalah mendaki Gunung Lampuuk sebelum sampai di Lange. Hiking dengan kemiringan 45 derajat akan memakan waktu satu jam, tapi untungnya ada pondok tersedia untuk beristirahat dan memulihkan energi. Selanjutnya Anda menyusuri jalan berliku rata dengan pemandangan yang indah. Langkah selanjutnya berjalan melewati batu-batu kecil yang rapi di bawah kanopi hutan hujan tropis hingga akhirnya Anda sampai di Pantai Lange

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pantai-lange-aceh-besar-surga-tersembunyi-dengan-keindahan-pantai-yang-belum-tersentuh-di-aceh
Comments
Loading...