Pantai Kondang Merak Jawa Timur

0 79

Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak merupakan salah satu pantai yang di kunjungi sebagai objek wisata. Kepopuleran pantai ini sudah terkenal sejak zaman dahulu. Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya dari pusat kota Malang adalah kurang lebih 64 kilometer dan bisa dicapai dengan naik kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor selama 2-3 jam. Walau kepopuleran pantai ini masih kalah jika di bandingkan dengan pantai malang lainnya seperti Balekambang dan Goa Cina.

Nama kondang merak ini di ambil dari kondisi pantainya sendiri. Yaitu Kondang adalah muara yang merupakan pertemuan antara air tawar dengan air laut. Sedangkan merak adalah nama burung yang dahulu banyak hidup di sekitar pantai tersebut. Nama Kondang Merak tetap lestari hingga sekarang, walaupun habitat merak di sekitarnya sudah tak ada lagi.

Akses Menuju Pantai Kondang Merak

Jika anda berencana liburan ke Malang jawa timur ini. Rute perjalanan yang harus di tempuh ke pantai kondang merak anda harus mengikuti jalur lokasi berikut di bawah ini :

  • Dari Malang Kota, berkendara lah ke arah Kabupaten Kepanjen. Dari Kepanjen, carilah arah menuju Pagak. Lalu lanjutkan perjalanan hingga menemukan Kecamatan Bantur. Dari kecamatan tersebut, cari pantainya. Jika berkenan, tanya saja pada warga sekitar Bantur tersebut.
  • Dari Malang Kota, berkendaralah menuju Arah Bulu Lawang, lalu lanjut ke Gondang Legi. Lalu tuju arah Bantur, dan cari lokasi pantai yang dimaksudkan.

Perjalanan ke arah pantai ini sama dengan perjalanan menuju arah Pantai Balekambang. Jadi, ikutilah papan penunjuk jalan ke Balekambang dari pertigaan jalur pantai selatan. Dari pertigaan itu, jalanan akan di hadapkan pada jalanan maka dam. Namun pantainya sudah dekat, hanya kurang lebih 20 sampai 30 menit dari pertigaan pantai selatan.

Fasilitas di Pantai Kondang Merak

Fasilitas umum yang bisa di dapatkan antara lain lahan parkir, beberapa rumah makan atau warung makanan tepi pantai, mushola, dan beberapa penginapan di sekitarnya. Selain itu, biasanya pantai ini juga dijadikan tempat camping. Harga tiket masuk pantai sangat murah sekali, yaitu Rp 10.000 saja. Sedangkan parkir di wisata pantai ini dikenakan biaya Rp 5.000 untuk motor dan Rp 7.000 untuk mobil. Di area pantai sangat luas dan rimbun karena dikelilingi oleh banyak pohon besar dan hijau. Dari loket, akan terlihat rumah-rumah warga sekitar yang kebanyakan adalah nelayan pantai selatan. Ada juga banyak rumah warga yang dijadikan toilet umum.

Keindahan Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak memiliki pasir yang berwarna putih sedikit kecokelatan. Garis pantainya juga cukup panjang, yaitu mencapai 800 meter. Hal ini yang menyebabkan pantai terlihat luas dan sepi, walau wisatawan mungkin sedang ramai. Dan dari pantai – pantai lainnya seperti Pantai Goa Cina, Bajul Mati, dan pantai lainnya. Walau pantai ini bukan pantai yang pas untuk menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset), namun jika berkunjung pada bulan yang tepat, wisatawan bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam di samping pantai.

Dari kanekaragaman hayati ini bisa di lihat dari banyaknya kerang yang mewarnai alam bawah lautnya. Di pinggir pantai bahkan wisatwan sering menemukan binatang laut yang terdampar, seperti landak laut, gurita, lobster, mentimun laut, dan masih banyak lagi. Hal itu menandakan bahwa pantai  masih sangat alami dan kaya kehidupan di bawah laut. Dan tidak seperti pantai Malang lainnya yang ombaknya sangat besar, pantai ini memiliki gelombang yang cukup tenang. Karena ombak akan terpecah terlebih dahulu di sebuah pulau karang kecil. Sehingga wisatawan bisa bebas bermain air. Namun sebaiknya tetap berhati-hati, karena wisatawan tidak tahu kapan ombak yang besar akan datang.

Pantai ini juga menjadi tempat bersandarnya perahu-perahu nelayan. Tentu saja ada beragam jenis ikan tangkapan nelayan yang bisa di lihat, seperti ikan tuna, ikan layang, ikan kakap, dan lain-lain. Beberapa warung makanan di sana juga menjual makanan khas pesisir seprti ikan bakar dan lainnya.

Tips Wisata di Pantai Kondang Merak

Jika kamu ingin mengunjungi pantai, berikut tips yang bisa di lakukan agar perjalananya nyaman.

  • Lebih baik datang ketika cuaca sedang cerah atau saat musim kemarau. Jangan datang ketika musim hujan. Selain karena jalanan menuju pantai yang licin saat hujan, pantai ini juga tidak akan memberikan pemandangan seperti yang diharapkan saat hujan terjadi.
  • Cek selalu kondisi kendaraan sebelum berangkat karena perjalanan dari kota sangat panjang dan melewati jalan berliku-liku serta tanjakan dan turunan khas perbukitan Malang Selatan.
  • Bawalah baju ganti jika berkunjung ke sana. Hal ini tentu karena wisatawan pasti tergoda untuk bermain air. Bawa juga kantong plastik untuk menyimpan pakaian basah. Selain itu, bawa serta perlengkapan mandi untuk membersihkan diri setelah bermain air.
  • Jika wisatawan ingin menginap atau mendirikan tenda, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk, minyak telon, atau minyak kayu putih. Hal ini dikarenakan banyak serangga pasir dan juga kutu pasir yang akan membuat gatal-gatal. Selalu gunakan pakaian tertutup saat berada di dalam tenda untuk meminimalisir gatal-gatal.
  • Bawa keperluan camping yang lengkap supaya kegiatan bermalam di sana bisa menjadi lebih lancar dan menyenangkan.
  • Bangun pagi untuk menikmati pemandangan fajar dan matahari terbit.
Source wisata jawa timur
Comments
Loading...