Pantai Koguna, Surganya di Pulau Buton Sulawesi Tenggara

0 7

Pantai Koguna

Pantai Koguna ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Mopaano, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Pantai ini memiliki pasir yang putih sedikit berwarna krem. Lautnya sendiri masih jernih, Ombak di sekitarnya pun sangat tenang sehingga di pantai ini sangat cocok untuk berenang menikmati air laut.

Pantai Koguna menyajikan pemandangan yang begitu indahnya. Pantai Koguna memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas sekitar 2 kilometer. Selain pasir putih, keindahan Pantai Koguna ditambah lagi dengan laut yang bersih dan biru. Seluruh keindahan tersebut masih dipadukan dengan pohon cemara yang tumbuh di atas pasir putih.

   

Banyak juga pengunjung yang berasal dari luar desa yang ikut menikmati pesona Pantai Koguna, terutama pengunjung dari Kota Baubau dan orang Wanci. Banyak pengunjung yang tak hanya ingin menikmati pantai dengan datang saja, namun mereka juga mengabadikannya ke dalam kamera ponsel mereka. Daerah belakang pantainya masih merupakan kawasan hutan yang cukup menawan.

Di kawasan sebelum mencapai pantai ini pun masih berupa hutan dengan pohon-pohon yang karakternya secara visual sangat indah. Masih di daerah belakang pantai,  terdapat pula sebuah telaga kecil seperti rawa-rawa yang ditumbuhi pohon-pohon seperti pohon bakau, dan di dalam airnya hidup sejenis udang berwarna merah. Udang Merah yang cukup jinak itu, bukan untuk dimakan/disantap, melainkan hanya untuk sekedar dipandangi saja.

Karena konon katanya, jika udang tersebut dimakan maka yang memakannya akan mengalami musibah. Tak hanya sampai disitu,Udang tersebut tidak boleh dibawah pulang, karena udang tersebut tidak bisa hidup ditempat lain. Jika Anda berjalan lagi ke sebelah utara, bisa Anda temui ada suatu celah yang membuka seperti jurang dengan kedalaman sekitar 10 meteran, dan di bawahnya ada sungai yang menggenang (tidak terlihat mengalir).Airnya yang jernih biasa dijadikan tempat berenang oleh pengunjung.

Untuk mencapai Pantai Koguna Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit karena jaraknya dari Desa Mopaano hanya sekitar 2 kilometer. Meskipun untuk mencapai Pantai Koguna harus dengan menempuh jarak yang cukup jauh, namun perjalanan jauh tersebut terbayar sudah ketika sampai di Pantai Koguna.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-tenggara/pantai-koguna-pantai-unggulan-di-buton-sulawesi-tenggara.html
Comments
Loading...