Pantai Ketaping Pariaman

0 109

Pantai Ketaping

Pantai Ketaping atau juga disebut Pantai Karambi Ampek Ketaping ini bisa anda temukan di Kecamatan Batang Anai, Pariaman, Sumatera Barat. Tepatnya berada di Nagari Ketaping, sesuai dengan nama pantainya. Untuk menuju lokasi pantai ini juga bukan hal yang sulit, letaknya berada didekat Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM), bahkan bandara dan pantai ini masih dalam satu Nagari. Anda bisa menemukkannya dengan menyusuri jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Pariaman melalui bandara tersebut jika dari Kota Padang.Tetapi, jika anda berasal dari Kota Pariaman, anda cukup menyusuri jalan menuju Kota Padang dengan arah menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tetapi lokasi pantai belum mencapai letak dari bandara tersebut. Dengan rute tersebut, anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat karena akses jalan yang sudah bagus dan cukup lebar. Jika anda dari kota Padang, jaraknya hanya 23 kilometer atau hanya bisa ditempuh dalam waktu setengah jam perjalanan darat.

Karena jarak dan akses yang tidak sulit ini, menjadikan pantai ini salah satu objek wisata favorit masyarakat Padang dan Pariaman bahkan wisatawan yang sedang berkunjung ke kota-kota tersebut. Untuk anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menggunakkan angkutan umum seperti taksi, ojek ataupun angkutan kota yang menuju arah Bandar udara. Selain itu, anda bisa menggunakkan kendaraan berupa bis ataupun travel yang melintasi Padang dan Pariaman.

Tetapi, jika anda tak ingin repot, ada baiknya menyewa kendaraan saja dari kota Padang maupun Pariaman. Untuk kendaraan roda empat, biasanya harga yang dipasang berkisar antara Rp 350.000 – Rp 500.000*) per harinya, tergantung dari jenis mobil serta fasilitas penunjang dari kendaraan yang anda sewa, misalnya menggunakkan sopir atau tidak.

Keindahan Pantai Ketaping 

Pantai Karambi Ampek Ketaping atau Pantai Ketaping ini merupakan sebuah objek wisata pantai yang tergolong landai karena pantai yang ada di Pariaman ini memang kebanyakkan merupakan pantai yang memiliki pesisir yang landai. Walau begitu, air yang ada di Pantai Ketaping ini memiliki ombak yang cukup besar ketika air sedang pasang. Ketika berkunjung ke pantai ini, suasana yang tenang akan terasa karena lokasi dari pantai ini tidak berada di tengah keramaian kota, apalagi jika tidak sedang musim liburan.

Beberapa keindahan yang bisa anda lihat di pantai ini salah satunya adalah, ada banyak spesies laut berupa kerang-kerangan yang sering terlihat di pasir pantai yang tak tergenang air. Sehingga tampak cantik karena warna dari cangkang kerang tersebut tampak kontras dengan warna pasir sehingga akan terasa perbedaan antara pasir dan kerangnya. Pepohonan yang ada di sekitar pantai ini menjadikan suasana tampak rindang dan hijau.

Sepanjang pantai ini kebanyakkan ditumbuhi oleh pepohonan seperti pohon pinus dan selain itu, sudah dibudayakan pula pohon ketaping yang memiliki nama yang sama dengan pantai ini. Dengan adanya pohon-pohon ini, memberikan suasana teduh di area pantai ini. Pantai ini sudah dilengkapi dengan sarana berupa pondok-pondok pinggir pantai yang bisa anda gunakkan untuk bersantai. Pondok-pondok ini dibangun sendiri oleh para pedagang yang berjualan makanan di sekitar pantai karena area pantai ini memang kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Jadi, masyarakat sekitarlah yang menjadi pengurus objek wisata Pantai Ketaping ini.  Di pantai ini, tak jarang akan anda lihat perahu-perahu nelayan baik yang berada di laut, ataupun yang sedang ditambatkan di pesisir pantai. Jika anda ingin mencoba berwisata dengan perahu, anda bisa menyewa perahu tersebut dengan para nelayan dengan biaya yang bisa anda negosiasikan dengan nelayan yang memiliki perahu tersebut. Atau akan lebih mengasyikkan lagi jika anda ingin mencoba ikut mencari ikan di tengah laut bersama nelayan tersebut.

Tips Berwisata Pantai Ketaping 

1. Jika anda kurang mahir berenang atau sedang kurang fit, sebaiknya hindari berenang ketika air sedang pasang. Cukup berwisata di pinggir pantai saja untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

2. Untuk menghemat pengeluaran, sebaiknya bawalah makanan dari rumah atau dari tempat lainnya yang lebih murah. Hal ini dikarenakan harga makanan di lokasi wisata relatif lebih tinggi.

3. Jika anda ingin berpiknik, ada baiknya membawa alas duduk sendiri seperti tikar. Walaupun sudah ada pondok-pondok yang di bangun, tetapi ukurannya tidak begitu besar, hanya memuat kapasitas sekitar 2-3 orang saja. Selain itu, jika sedang ramai, kemungkinan anda tidak mendapat pondok untuk bersantai.

4. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan handuk jika anda ingin bermain air di pantai ini.

Pantai Ketaping ini memang merupakan pantai yang masih alami dengan suasana yang tenang, sehingga jangan sampai dilewatkan jika anda sedang berada di Kota Padang maupun di Kota Pariaman.

Dengan wisata anda ke pantai ini, bisa menyegarkan pikiran anda dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Perhatikan kondisi cuaca sebelum anda menuju pantai agar wisata anda terasa lebih nyaman dan selamat berlibur!

Source http://baritominang.blogspot.com http://baritominang.blogspot.com/2014/05/pantai-ketaping-pariaman.html
Comments
Loading...