Pantai Kemloko di Dusun Cikmas, Pulau Karimun Jawa

0 81

Pantai Kemloko

Pantai Kemloko terletak di Dusun Cikmas, Kec Karimun Jawa di Pulau Karimun Jawa mendekati ujung utara yang berbatasan langsung dengan Pulau Kemujan. Kedua pulau ini hanya dipisahkan oleh jembatan kecil, sehingga 2 pulaui ini terlihat seperti 1 pulau. Pantai Kemloko berada 1 area dengan beberapa pantai seperti : pantai Yamin, Pantai Annora, pantai Kemloko itu sendiri.

 

Sebelum masuk ke jalan kecil menuju area pantai-pantai diatas kita akan melihat sawah, ya sawah… Memang bukan sesuatu yang istimewa, tapi ini pertama kalinya saya melihat sawah di Karimun Jawa, mungkin masih ada beberapa sawah lain, tapi selama perjalanan hanya area sawah dikanan-kiri jalan ini yang terlihat, bahkan keberadaan sawah ada didalam denah lokasi.

Seperti kebanyakan pantai yang letaknya jauh dari alun-alun Karimun Jawa, semuanya masih relatif sepi, termasuk pantai Kemloko ini. Sepi dan hanya ada beberapa warga sekitar terlihat dan beberapa wisatawan asing mengunjungi pantai-pantai ini dengan motor yang mereka sewa. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Kep. Karimun Jawa ini hanya menikmati keindahan bawah laut dan hanya bermukim di 1 area disekitar alun-alun.

Pantai Kemloko terlihat sangat sepi dan tenang, pada saat itu hanya ada saya dan beberapa warga yang sibuk dengan pekerjaannya di pinggir pantai. pantainya sendiri memiliki ombak yang cukup kecil, sehingga sangat aman untuk bermain air. selain itu juga ada ayunan seperti yang ada di pantai Annora, ada ‘gosong’ tak jauh dari pantai, dan bebatuan alami pemecah ombak dipinggir pantai.

Sangat banyak kegiatan lain yang bisa kita lakukan di Karimun Jawa selain snorkling, dan kita bisa mengetahui fakta-fakta seru di Karimun Jawa, seperti di Karimun Jawa ada Bandara Dewandaru, satu-satunya bandara di pulai ini. Pulau utama Karimun Jawa dihuni oleh 2 suku, yaitu suku Jawa dan suku Bugis, kebanyakan warga suku Bugis berada di pulau Kemujan, terlihat dari bahasa dan rumah mereka (rumah panggung).

Karimun Jawa memiliki hewan khas, yaitu ular edors, ular derik endemik karimun jawa ini jarang ditemui, tapi jika beruntung anda bisa melihatnya, namun harus hati-hati karena mereka berbisa. Ada sekitar 20an pantai di seputaran pulau Karimun Jawa dan pulau Kemujan dengan keunikan masing-masing. Dan tentunya masih banyak lagi fakta seru tentang Karimun Jawa.

Source https://spadepicnic.wordpress.com https://spadepicnic.wordpress.com/2014/12/08/sepinya-pantai-kemloko-di-pulau-karimun-jawa/
Comments
Loading...