Pantai Kasuso : Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba

0 63

Pantai Kasuso

Pantai Kasuso merupakan destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Bulukumba, karena banyak dikunjungi oleh wisatawan. Akhir-akhir ini diperkirakan ribuan wisatawan yang mendatangi Pantai Kasuso setiap minggunya.

Pantai Kasuso juga disebut kampung perempuan. Menurut penduduk setempat, dikatakannya kampung perempuan karena banyak ditinggal suami ketika berlayar mencari ikan. Makanya jika berkunjung ke Pantai Kasuso, penduduk yang banyak dijumpai adalah perempuan.

Pantai Kasuso memberikan alam yang begitu indah dengan lautan yang membiru serta pantai yang berpasir putih. Di pantai ini pula Anda bisa menemukan batu besar di pinggiran pantai layaknya pulau kecil yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan sebutan “batu taha” atau “batu daun”.

Lokasi Pantai Kasuso

Lokasi Pantai Kasuso secara administratif terletak di desa Darubiah Kecamatan Bontobahari. Terletak pada kordinat 120°26’43.74″ BT dan 5°33’36.87″ LS. Lokasi ini berjarak sekitar 36  kilometer dari pusat Kota Bulukumba.

Aksesibilitas Pantai Kasuso

Untuk menuju ke Pantai Kasuso, disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak adanya kendaraan umum yang menjangkau Pantai tersebut. Kondisi jalannya lumayan baik untuk dilalui. Hanya saja jalan menuju pantai tersebut sangat curam dan banyak tikungan tajam. Olehnya itu pengunjung harus berhati-hati melewati jalan tersebut.

Sarana dan Akomodasi

Untuk masuk ke lokasi objek wisata ini, tidak dikenakan biaya sama sekali. Karena belum adanya dukungan pengembangan dan pelestarian di lokasi wisata ini sehingga tidak ada tersedia fasilitas lain yang mendukung berbagai aktivitas wisata. Hanya balai-bali bamboo sederhana yang disediakan di sekitar pantai yang biasanya digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat.

Jika ingin bermalam di Pantai Kasuso, pengunjung harus membawa tenda dan makanan sendiri, karena tidak adanya penginapan dan warung yang disediakan di sekitar pantai tersebut. Untuk pengunjung yang ingin berenang di pantai, biasanya membawa pakaian renang sendiri karena tidak ada tempat penyewaan perlengkapan renang di sekitar pantai Kasuso.

Source https://depography.blogspot.com https://depography.blogspot.com/2017/01/pantai-kasuso-batu-taha.html
Comments
Loading...