Pantai Kasih keindahan matahari terbenam di Aceh

0 21

Pantai Kasih 

Pantai Kasih adalah pantai berbatu dengan banyak pohon kelapa di sepanjang semenanjung. Di pantai ini akan terlihat hamparan laut luas dengan keindahan sunsetnya, lalu lintas pelayaran kapal barang ataupun perahu nelayan. Hembusan angin laut yang sejuk yang dilengkapi dengan keindahan pepohonan serta pasir putih menjadikan pantai ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin bersantai. Pantai ini berdekatan dengan pemukiman warga setempat oleh karena itu biasanya Pantai Kasih ramai pada sore hari. Masyarakat setempat sering menikmati waktu sore hari untuk sekedar berjalan-jalan disekitar pantai.

Tidak semua pantai memiliki keunggulan akan pasir berwarna putih dan bertekstur halus seperti yang bisa ditemukan di Pantai Kasih ini. Pantai ini berpasir halus yang tentu akan aman bagi anak-anak untuk bermain pasir maupun berlari-larian bersama dengan teman atau keluarga, bahkan orang dewasa bisa tidur-tiduran di atas pasirnya dengan nyaman. Banyak juga pengunjung yang memilih untuk bermain bola kaki bersama teman dan keluarganya di pantai ini, berikut juga bermain voli. Karena pasir pantai begitu lembut dan jarang ada kerikil, maka akan sangat aman dan tidak akan menyebabkan cedera atau semacamnya.

 

Tentu saja salah satu alasan mengapa datang ke pantai adalah karena ingin berenang, berenang di Pantai Kasih memang tidak terlalu dianjurkan dan sedikit sekali pengunjung yang menggunakan waktu mereka untuk berenang. Laut di pantai ini memang indah dan sangat menarik untuk mencoba berenang di pantai satu ini, namun karena ombaknya yang cukup besar, berwaspadalah. Bagi Anda yang datang bersama anak-anak, biasanya mungkin Anda akan secara langsung melepas mereka untuk bermain dan berenang di laut, tapi di Pantai Kasih hal ini sebaiknya dihindari. Jika ingin tetap berenang, sebaiknya tidaklah sampai ke tengah.

Walau terbilang masih jarang terdengar nama Pantai Kasih ini, fasilitas yang tersedia di sekitar pantai begitu lengkap dan tidak akan mengecewakan Anda. Penjual makanan, khususnya makanan khas Aceh, dapat dijumpai di beberapa warung makan di area Pantai Kasih. Dan terdapat juga beberapa penginapan di pusat kota bagi Anda yang ingin menginap. Di pantai ini juga terdapat beberapa benteng-benteng tempat penyimpanan senjata berat seperti meriam, peninggalan sejarah Perang dunia II. Jadi, untuk Anda yang tidak hanya ingin bersantai di pantai tapi juga menambah wawasan, boleh menuju ke lokasi tempat penyimpanan barang bersejarah ini.

Karena Pantai Kasih berada di pulau Weh, maka satu-satunya jalur yang bisa ditempuh adalah jalur laut. Dari Banda Aceh menuju pelabuhan penyeberangan Ulee Lheu dan penyeberangan Sabang adalah Balohan. Terdapat 2 jenis angkutan yaitu jika menggunakan Kapal motor Express, dapat ditempuh sekitar 45 – 1 jam perjalanan dan tarif sekitar Rp 50.000 – Rp. 90.000. Terdapat dua kapal express yang beroperasi yaitu: kapal Pulo Rondo dengan rute Ulee – Balohan (09.30) dan Balohan – Ulee Lheu (16.00) sedangkan untuk Kapal Bahari dengan rute Ulee Lhue – Balohan (16.00) dan Balohan – Ulee (08.00).

Sedangkan jika menggunakan Kapal Roro, maka waktu yang ditempuh akan lebih lama dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam. Kapal ini selain dapat mengangkut penumpang bisa juga mengangkut kendaraan dengan tarif sekitar Rp. 20.000 – Rp.30.000 per penumpang sedangkan untuk kendaraan sekitar Rp.9000 – Rp.155.000 tergantung dengan kendaraan yang akan di angkut. Sabtu, Minggu dan Rabu dengan rute Ulee Lhue – Balohan, pukul 10:30 dan 15:30 sedangkan untuk Balohan – Ulee, pukul 07:45 dan 13:00 dan untuk hari Senin – Jumat, dengan rute Ulee Lhue-Balohan, pkul 13:00 dan untuk rute Balohan – Ulee, pukul 07:45.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/en/informasi/tempat-wisata/aceh/pantai-kasih-keindahan-matahari-terbenam-di-aceh.html
Comments
Loading...