Pantai Karang Bolong Wisata Alam di Serang, Banten

0 69

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong ini menjadi tempat obyek wisata yang menampilkan tebing karang serupa tirai bebatuan berperan sebagai perisai atas hantaman ombak. Karang Bolong awalnya bernama Pantai Karang Saruga. Sebuah nama yang diambil dari seorang pertapa, yang memiliki ilmu bertapa sampai akhir hayatnya. Namanya Suryadilaga, orang sakti yang hingga kini kisahnya masih melegenda dalam masyarakat sekitar Karang Bolong.

Dalam perjalanan waktu, nama pantai Saruga berganti jadi Karang Bolong karena memiliki tebing karang yang besar dan berlubang. Lubang pada karang tersebut diakibatkan pengikisan oleh air laut dan berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Sementara ada juga yang beranggapan bahwa tebing karang yang bolong disebabkan letusan Gunung Krakatautahun 1883. Bolongnya batu karang besar hingga kini masih menyisakan misteri.

Keindahan Pantai Karang Bolong 

Di Pantai Karang Bolong, wisatawan tak hanya menikmati batu karang yang berlubang alias karang bolong tapi juga panorama laut mengasyikan. Pada satu momen, wisatawan akan dibuat terpana dengan laju ombak yang berkejaran menghajar karang yang kokoh di pesisir pantai. Sedangkan di waktu yang sama buih-buih ombak yang tipis berkilau tampias di atas bebatuan dan pasir. Ada damai di atas kegelisahan karang yang terus menerus dihantam ombak.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong 

Dalam panduan wisata resmi terungkap kesan mendalam dari seorang wisatawan anonim tentang daya tarik Pantai Karang Bolong, Banten: “Sebuah tebing karang di pinggir pantai ibarat pintu gerbang untuk masuki keindahan yang menyegarkan jiwa dan pikiran. Seketika deburan ombak akan melewati lubang tebing karang tersebut sehingga sontak suaranya memecah akan menyambut siapa pun yang datang. Sejauh mata memandang dan kaki melangkah, saksikanlah karang-karang besar berparade di sepanjang pesisir pantai dicumbui hamparan pasir putih yang bersih.”

Rute Menuju Pantai Karang Bolong 

Pantai Karang Bolong letaknya sekitar 50 kilometer dari Kota Serang, Banten. Dari Jakarta pantai ini berada di bagian kanan Jalan Raya Anyer menuju Pantai Carita. Soal kuliner tidak perlu kawatir karena di Pantai Karang Bolong terdapat berbagai macam pilihan kulier. Beragam kuliner khas Banten bernuansa hidangan laut bisa dijumpai hampir di setiap rumah makan atau warung makan di sepanjang pantai ini. Rute menuju Karang Bolong dapat ditempuh dari Tol Jakarta Merak-Cilegon Barat-Anyer-Karang Bolong.

Singkatnya, dari Jakarta ke Karang Bolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karang Bolong bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum.Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta dapat langsung keluar melalui Pintu Tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri Jalan Raya Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten. Harga tiket masuk Rp5.000 per orang atau Rp250.000 per bus (60 penumpang).

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/pantai-karang-bolong-wisata-ekonomis-tapi-tidak-murahan
Comments
Loading...