Pantai Kambunong, Mamuju Tengah Sulawesi Barat

0 83

Pantai Kambunong

Pantai Kambunong adalah objek wisata yang juga terdapat di Mamuju Tengah, selain Pantai Batumeana. Pantai ini terletak di Desa Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, juga biasa disebut dengan nama Pantai Karossa. Objek wisata ini berjarak sekitar 100 km di utara kota kabupaten Mamuju.

Pantai Kambunong kadang ramai dikunjungi warga saat hari-hari libur atau menjelang hari raya umat Islam, misalnya saja pasca lebaran, maka kunjungan ke pantai ini akan meningkat drastis. Pengunjung berasal dari berbagai daerah, namun masih dalam wilayah Mamuju Tengah dan Mamuju. Puncak kunjungan paling tinggi adalah saat libur pasca hari lebaran.

Untuk fasilitas yang ditawarkan hingga saat ini belum tampak, karena itu bisa dikatakan pantai Kambunong belum mendapatkan polesan untuk dijadikan sebagai tujuan wisata oleh pihak pemerintah ataupun pihak pengelola lainnya. Sementara pesona yang dimiliki dan jejeran pantai yang memanjang cukup potensial untuk dirintis dan dikembangkan.

Pantai Kambunong masih menawarkan potensi alami objek wisata yang belum dimaksimalkan berupa pantai dengan pesisir paduan batuan besar di tepi dan hamparan batuan kecil di bagian tengah sebelum garis pantai. Bongkahan batu besar terdapat di sepanjang bibir pantai dan menarik untuk dijejaki. Sepanjang pantai juga cukup teduh dengan pohon-pohon berukuran besar yang tumbuh di sekitarnya.

Selain bagian bibir pantai yang potensial Kambunong juga memiliki air laut yang bening, dengan beberapa terumbu karang yang dapat dilihat dengan jelas, titik tepat untuk berwisata air seperti berenang ataupun melakukan selam dangkal (snorkeling).

Memancing juga adalah kegiatan yang menarik untuk dilakukan di sekitar pantai Kambunong, ini titik yang disukai oleh para pemancing yang dapat dengan mudah ditemukan saat pagi atau sore hari. Ingin melihat matahari terbenam (sunset) di tepi pantai Kambunong? Hal tersebut adalah pilihan yang tepat, hampir di semua titik di sepanjang pantai ini kita dapat menikmati matahari perlahan hilang di arah barat

Source http://pariwisatamamujutengah.blogspot.com http://pariwisatamamujutengah.blogspot.com/2015/05/pantai-kambunong.html
Comments
Loading...