Pantai Kaluku : Tempat Wisata di Kab. Donggala

0 115

Pantai Kaluku

Kota Donggala ternyata punya pantai cantik untuk libur akhir pekan traveler. Pantai Kaluku namanya, suasananya yang masih sepi bak pantai pribadi. Menurut penduduk setempat, Kaluku berasal dari bahasa Kaili yang berarti pohon kelapa. Sesuai dengan arti namanya, pantai Kaluku dipenuhi dengan pohon Kelapa yang menjulang tinggi.

Pantai Kaluku terletak di Kabupaten Donggala, sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Palu. Pantai Kaluku memiliki garis pantai yang cukup lebar. Di saat siang, wilayah pasir pantainya akan terlihat luas karena adanya pasang surut yang menyebabkan perahu-perahu ditambatkan di kejauhan. Tidak banyak perahu nelayan yang tertambat.

Terik matahari sedang menjadi-jadi saat saya mengunjungi pantai ini. Pantai ini memiliki air yang jernih meskipun tidak ada spot untuk snorkling seperti di Tanjung Karang. Sekilas, Pantai Kaluku tak seindah pantai Tanjung Karang yang lokasinya tak jauh. Namun, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain masih cukup sepi, pantai ini masih tergolong alami, tenang dan eksotik. Belum banyak tangan jahil di sini. Cocok untuk bersantai. Enaknya lagi, di sini tidak ada pungutan alias gratis masuk dan free parking. Di sepanjang pantai Kaluku, sudah ada yang mendirikan gazebo-gazebo sederhana yang disewakan untuk sekadar beristirahat.

Tak hanya itu, pantai ini memiliki cukup banyak spot untuk berfoto. Sepertinya sih buatan dari penduduk setempat. Mulai dari ayunan hingga kalimat-kalimat romantis yang bisa dimanfaatkan untuk pre wedding.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3288967/pesona-pantai-kaluku-di-donggala-serasa-pantai-pribadi
Comments
Loading...