Pantai Jara-Jara, di Kabupaten Halmahera Timur

0 26

Pantai Jara-Jara

Pantai Jara-jara ini menjadi objek wisata andalan untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu. Wakil Bupati Haltim, Ir. Muhdin mengatakan di Ternate, Sabtu, Pantai Jara-jara yang letaknya tak jauh dari Maba, ibukota Kabupaten Haltim memiliki panorama pantai yang mempesona, bahkan banyak yang menyamakan keindahannya dengan Pantai Kuta di Bali.

Begitu pula perairan di sekitar pantai itu memiliki panorama bawah laut yang sangat indah, sehingga Pemkab Haltim optimistis kalau sudah dikembangkan menjadi objek wisata pasti akan banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Ia mengatakan, Pemkab Haltim telah mengalokasikan anggaran melalui APBD,(namun nilainya tidak dirinci) untuk pengembangan Pantai Jara-jara menjadi objek wisata, diantaranya diarahkan untuk pembebasan lahan seluas 10 Ha di kawasan Pantai Jara-jara.

Di areal seluas 10 ha tersebut nantinya akan dibangun cottage dan berbagai fasilitas pariwisata lainnya untuk memberi kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung di objek wisata tersebut. Di lokasi itu juga akan disiapkan pusat penjualan cendera mata karya masyarakat setempat. “Kami berharap setiap wisatawan yang berkunjung di Malut tidak merasa lengkap kalau tidak sampai berkunjung ke objek wisata Pantai Jara-jara. Kami juga akan mengupayakan agar objek wisata itu jadi tempat persinggahan kapal pesiar,” katanya.

Pemkab Haltim memberi peluang kepada pengusaha untuk menanamkan modal dalam pengembangan objek wisata Pantai Jara-jara tersebut dengan syarat dalam kegiatannya melibatkan masyarakat setempat dan memberi kontribusi pada pendapatan daerah. Ia mengatakan, untuk mencapai objek wisata Pantai Jara-jara tidak sulit, baik melalui transportasi laut maupun transportasi udara, bahkan khusus untuk transportasi udara saat ini ada tiga kali penerbangan perintis dari Ternate ke Haltim setiap Minggu.

Sarana akomodasi di Maba juga tidak masalah, walapun hotel di ibukota Haltim ini semuanya masih berstatus hotel melati, rumah makan juga cukup banyak, termasuk yang menyajikan makanan tradisional. Keberadaan objek wisata Pantai Jara-jara tersebut merupakan salah satu objek wisata andalan Haltim yang akan dipromosikan secara intensif pada penyelenggaraan Sail Morotai di Kabupaten Pulau Morotai pada September mendatang, katanya.

Source https://ambon.antaranews.com https://ambon.antaranews.com/berita/17283/pantai-jara-jara-dijadikan-objek-wisata
Comments
Loading...