Pantai Hinamut, Wisata Baru di HSS

0 153

Pantai Hinamut

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memang kaya akan destinasi wisata. Mulai dari pegunungan sampai sungai. Bagi penikmat pemandangan air dikelilingi kawasan pegunungan bisa mencoba objek wisata yang baru saja dibuka di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Namanya Hinamut.

Menuju destinasi Hinamut dapat ditempuh sekitar 10 sampai 15 menit naik kendaraan bermotor dari Kandangan, ibu kota Kabupaten HSS. Rute yang ditempuh menuju Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung.

  

Setelah sampai di Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung, pengunjung nanti tinggal mencari plang nama wisata Hinamut. Sampai dilokasi bagi anda yang menggunakan mobil bisa memarkirnya di area yang sudah ditentukan karena menuju lokasi wisata Hinamut masih harus menempuh jalan setapak.

Tapi jangan khawatir, bagi yang tidak ingin capek karena harus berjalan kaki sekitar 500 meter lagi disediakan ojek. Penariknya adalah Karang Taruna Bina Remaja Desa Jelatang sebagai pengelola objek wisata baru di Kabupaten HSS ini. Tarifnya pulang pergi Rp 5 ribu, itu sudah termasuk biaya masuk wisata Hinamut.

Sedangkan bagi pengunjung menggunakan sepeda motor bisa langsung masuk ke kawasan wisata Hinamut dan membayar biaya masuk juga Rp 5 ribu. Di lokasi wisata Hinamut, pengunjung dapat menikmati pemandangan arus sungai penuh bebatuan dikelilingi kawasan pegunungan disekitarnya.

Di tempat wisata musiman ini, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas seperti pelampung terbuat dari ban bekas jika ingin mandi atau sekadar bermain air di sungai sampai menaiki bamboo rafting atau rakit bambu untuk menyeberang sungai.

“Sewa pelambung dari ban bekas Rp 5 ribu sepuasnya. Sedangkan naik bamboo rafting untuk menyeberang Rp 1 ribu per orang,” ujar Dedy Wahyuni salah satu pengelola wisata Hinamut.

Bagi pengunjung ingin mengganti pakaian setelah mandi atau bermain air tidak usah khawatir mencari tempat ruang ganti, karena sudah disediakan pengelola.

Begitu pula jika pengunjung ingin berbelanja, sudah ada kantin atau warung dengan berbagai aneka makanan dan minuman. “Bagi pengunjung yang bermain air atau mandi juga terus diawasi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Destinasi Hinamut juga instagramable. Beberapa pondok bersantai dengan penuh warna warni disediakan bagi pengunjung untuk menjadi spot selfie dengan pemandangan air dikelilingi kawasan pegunungan.

Dedy menceritakan ide membuat wisata Hinamut diambil dari nama orang tua dulu yang artinya sebagai tempat berlabuh bermula dari warga ingin memanfaatkan lokasi apabila musim kemarau berbentuk seperti pantai. Sebaliknya jika musim penghujan turun tiba, maka area wisata akan dipenuhi air sungai.

“Setelah gotong royong, sekitar tiga minggu lalu wisata Hinamut akhirnya dibuka,” ujarnya.

Sejak dibuka pertengahan bulan September lalu, sudah ratusan pengunjung yang datang ke wisata Hinamut dari berbagai profesi dan usia baik dari warga Kabupaten HSS sampai daerah lainnya. Biasanya banyak dikunjungi saat akhir pekan. Pengunjung datang dari pagi, siang dan sore.

“Akhir pekan selalu ramai pengunjung yang datang,” ucap Dedy.

Banyaknya pengunjung menjadi berkah tersendiri bagi pengelola dan masjid di sekitar lokasi wisata. “Hasil dari pengelolaan wisata Hinamut pengelola gunakan untuk kegiatan kepemudaan sampai berbagi dengan masjid di sekitar,” tandas Dedy.

Salah satu pengunjung, Rudi mengatakan, keindahan wisata Hinamut tak kalah dengan destinasi wisata di tempat lain. “Bagus sekali pemandangannya, selain bisa bermain air bisa menikmati pemandangan pegunungan yang ada disekitarnya,” ujar pria asal Kandangan ini.

Wiraswasta ini mengetahui wisata Hinamut dari media sosial (Medsos) yang beberapa hari terakhir banyak pengguna mengunggah foto-foto keindahan saat berfoto selfie saat mengunjungi wisata Hinamut. “Karena penasaran, saya pun mengajak teman menuju wisata Hinamut,” tuturnya.

Source http://kalsel.prokal.co http://kalsel.prokal.co/read/news/18244-yuk-cobain-wisata-baru-di-hss-ini-dijamin-instagramable.html
Comments
Loading...