Pantai Gedambaan Keindahan Air Laut yang Menghijau di Kalimantan Selatan

0 29

Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan menawarkan keindahan yang dapat memberikan kepuasan batin kepada para pengunjungnya. Selain pasir pantainya berwarna putih yang berkilauan tertimpa sinar matahari, pemandangan alamnya juga akan menghipnotis para pengunjung sehingga betah berlama-lama di pantai ini. Pantai Gedambaan yang dulu dikenal sebagai Pantai Sarang Tiung ini berjarak sekitar 14 kilo dari pusat kota Kotabaru. Pantai ini terletak di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Pantai Gedambaan Merupakan pilihan yang tepat bagi yang ingin merasakan suasana pantai berpasir putih. Pantai sepanjang 1 km ini juga menyediakan Fasilitas diantaranya rumah/warung makan, cottage, tempat parkir, kolam renang air tawar, playground sebagai tempat bermain anak, serta camping ground. Fasilitas pendukung lainnya seperti mushalla juga tersedia di Pantai Gedambaan. Tak hanya ramai pada saat liburan tiba, Pantai Gedambaan ini juga cukup banyak dikunjungi pada hari-hari biasa.

Pemandangan Pantai Gedambaan lainnya adalah kapal dan hilir mudiknya perahu para nelayan, juga deretan bagang alat penangkap ikan yang berbentuk bangunan rumah diatas laut. Untuk memasuki lokasi Pantai Gedambaan akan dipungut biaya sebesar Rp 2.500 per orang. Warna air Pantai Gedambaan sangat bening kehijau-hijauan dengan latar belakang bukit-bukit yang menghijau. Dasar air laut yang dangkal dapat terlihat dengan mudah karena jernihnya air Pantai Gedambaan . Pantai Gedambaan dipenuhi oleh pohon bakau yang tumbuh disepanjang pantai. Nampaknya umur pohon bakau disini rata-rata sudah tua. Ini bisa terlihat dari ukuran batang dan akar besar dari pohon bakau yang keluar dari permukaan tanah.

Jika air laut sedang pasang, maka sejauh mata memanjang hanya akan terlihat air laut yang menghijau di Pantai Gedambaan. Pada saat anda bergerak beberapa meter menjauhi bibir pantai, maka ketinggiannya bisa mencapai setinggi dada orang dewasa. Sementara bila air laut sedang surut, airnya akan menjadi begitu dangkal. Nampak beberapa genangan air disekitar lokasi yang tadinya dipenuhi oleh air pasang. Genangan air ini membentuk kolam yang dangkal, sehingga bisa menjadi tempat berendam.

Di pinggir Pantai Gedambaan, ada beberapa jasa sewa ban untuk berenang yang hanya dikenakan biaya Rp 5ribu hingga Rp 10ribu. Pantai Gedambaan yang berpasir putih ini juga biasanya menjadi tempat diselenggarakannya sedekah laut yang digelar rutin setiap bulan Desember. Pantai Gedambaan merupakan sedikit dari pantai yang ada di Indonesia yang masih memiliki hutan mangrove. Hutan mangrove ini merupakan tempat habitat beberapa spesies fauna, seperti: burung, kunang-kunang, dan lebah. Keistimewaan lain dari Pantai Gedambaan adalah lokasinya yang berada di kaki pegunungan Pulau Laut yang masih hijau dan juga berdekatan  dengan beberapa objek wisata lainnya.

Untuk mencapai lokasi Pantai Gedambaan, anda bisa menggunakan bis umum dari terminal yang ada di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin dengan tujuan ke Kotabaru. Kemudian dari terminal di Kotabaru perjalanan dilanjutkan lagi menggunakan angkot warna hijau dengan jurusan Siring Laut. Perjalanan menggunakan kendaraan umum bisa mencapai 7 jam. Jika tidak ingin terlalu lama di jalan, terdapat juga pesawat yang berangkat dari Banjarmasin ke Kotabaru. Perjalanan menggunakan pesawat hanya dibutuhkan waktu selama setengah jam.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/pantai-gedambaan-keindahan-air-laut-yang-menghijau-di-kalimantan-selatan.html
Comments
Loading...