Warning: unlink(/tmp/d620d2e1fed11ddf30383e95ad5ba89a-hsFbxt.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Gandoriah, Kota Padang

0 65

Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pantai Gandoriah berjarak sekitar 60 km dari Kota Padang merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang dibalut hembusan angin sepoi serta gugusan pulau-pulau kecil. Perpaduan posisi yang strategis, panorama yang indah, dan konturnya yang landai, membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata pantai paling populer di sini.

Pantai ini terkenal akan keindahan pantainya, maka tak heran pantai ini selalu ramai oleh para wisatawan yang berkunjung setiap harinya. Terutama pada saat hari libur dan hari besar lainnya, kawasan objek wisata Pantai Gandoriah ini nyaris selalu dipadati pengunjung. Terlebih, sejak beroperasinya kembali kereta api yang melayani penumpang jurusan Padang-Pariaman telah berdampak terhadap bertambahnya jumlah kunjungan ke objek wisata yang sarat dengan keindahan alam ini.

Panorama laut yang indah menjadi salah satu keunggulan dari Pantai Gandoriah ini. Di lepas pantai terlihat beberapa gugusan 6 pulau kecil yang sangat indah dan memberikan keunikan tersendiri dari pantai tersebut. Keenam pulau itu adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando. Selain panorama laut yang memang sangat indah, sebagian besar pulau ini bisa juga disinggahi oleh wisatawan dengan hanya menempuh perjalanan sekitar 20 menit saja.

Tak heran banyak pengunjung yang datang ke Pantai Gandoriah betah berlama-lama menikmati keindahan pantai sambil mencicipi makanan ringan yang dijajakan pedagang yang banyak ditemui di sekitar objek wisata kebanggaan orang Pariaman itu. Tak perlu beranjak dari tempat duduk, Anda cukup duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai, puluhan penjaja sala (makanan khas Kota Pariaman) akan datang dengan sendirinya. Jajanan yang mereka tawarkan juga beragam, mulai dari sala lauak, ikan goreng, atau aneka gorengan lainnya.

Di Pantai Gandoriah ini setiap tahun dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik di waktu matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram. Asal-usul nama Pantai Gandoriah memiliki kisah tersendiri. Gandoriah merupakan nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau. Pantai ini juga menyajikan berbagai aktivitas rekreasi laut yang bisa menjadi pilihan Anda saat liburan. Diantaranya, renang, selancar, dan beraneka jenis olah raga pantai lainnya. Fasilitas yang lengkap hanya bisa didapatkan pada saat liburan berlangsung.

Daya tarik lain dari Pantai Gandoriah ini adalah Anda bisa leluasa menikmati garis pantainya, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, ataupun berjalan kaki. Keramahtamahan, canda tawa dan tegur sapa dari para pedagang yang ada di sekitar objek wisata Gandoriah Pariaman juga semakin melengkapi suasana keramaian di sekitar objek wisata Pantai Gandoriah.

Untuk mencari lokasi Pantai Gandoriah ini tidak terlalu susah, Anda cukup bertanya pada penduduk yang ditemui di sekitar kawasan Pasar Tabuik Pariaman. Dipastikan dengan ramah mereka akan langsung menunjukkan lokasinya. Bagi pengunjung yang datang dari Kota Padang menggunakan kereta api tidak akan kesulitan menemukan lokasi Pantai ini karena letak stasiun pemberhentian kereta api Pariaman persis berada di pintu gerbang Pantai Gandoriah. Cukup melangkah beberapa langkah maka Anda sudah tiba di kawasan objek wisata Pantai Gandoriah.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/pantai-gandoriah-panorama-indah-kota-sala-lauak-sumatera-barat.html
Comments
Loading...