Pantai Fitu

0 79

Pantai Fitu

Kota Ternate merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai warisan budaya, salah satu penyebabnya yaitu daerah ini merupakan saksi sejarah masuknya penjajah pada zaman dahulu. sehingga ketika Anda akan menemukan banyak bangunan peninggalan Portugis,  Belanda, dan Spanyol ketika mengunjungi kota yang terletak di kaki Gunung Gamalama ini. Selain  menyajikan wisata sejarah, kota ini juga menyimpan potensi wisata bahari. Salah satu yang cukup menarik untuk dibahas adalah Pantai Fitu.

Hasil gambar untuk Pantai Fitu

Pesona Pantai Fitu

Pantai Fitu memiliki daya tarik dan pesona yang tidak dimiliki pantai lainnya. Berikut ini beberapa keunikan dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Fitu :

Hasil gambar untuk Pantai Fitu

  1. Diabadikan Dalam Uang 1000 Rupiah

Meskipun Pantai Fitu tidak seindah pantai lain yang ada di Ternate seperti Pantai Falajawa dan Pantai Sulamadaha, namun pantai satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu keunikannya adalah diabadikannya pantai ini kedalam uang seribu rupiah. Dari Pantai Fitu, Anda dapat melihat betapa indahnya Gunung Maitara dan Gunung Tidore dari seberang lautan seperti yang ada di dalam uang 1000 rupiah. Selain itu di pantai ini Anda juga dapat menikmati hamparan pasir luas dan galangan kapal di sekitarnya. Jangan lupa membawa uang seribu rupiah dan narsis di pantai ini kemudian share di media sosial Anda.

  1. Dekat Dengan Pulau Maitara Dan Tidore

Tidak jauh dari Pantai Fitu terdapat dua pulau indah yaitu Pulau Maitara dan tidore. Kedua pulau ini sangat indah dan cocok dipilih sebagai tempat liburan maupun camping. Selain itu, pulau ini juga memiliki potensi wisata bahari yang cukup menarik. Jika Anda melihat kedua Pulau ini dari Pantai Fitu dengan spot yang tepat, Anda akan terkesan dan kagum oleh pemandangan yang tersaji di hadapan Anda.

  1. Terdapat Anjungan Dari Kayu

Semakin banyaknya wisatawan yang datang ke pantai ini, menjadikan masyarakat setempat berinisiatif membuat Pantai Fitu menjadi lebih menarik. Salah satunya dengan mengelola tanah lapang di lereng kampung Fitu menjadi Anjungan Kayu. Dari anjungan ini, Anda dapat menikmati pemandangan pantai berlatar Pulau Maitara, Tidore, dan Danau Ngade. Semakin tinggi Anda menaiki anjungan ini, semakin indah pula pemandangan yang disuguhkan. Untuk dapat menaiki anjungan ini, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Di sana Anda dapat berfoto sepuasnya.

  1. Keindahan Siluet

Bisa melihat indahnya siluet Maitara dan Tidore dalam satu frame merupakan momen yang tidak akan pernah terlupakan. Terlebih lagi ditambah dengan pemandangan kesibukan aktivitas nelayan yang ada di pinggir pantai, dijamin Anda akan langsung jatuh cinta degan pantai ini. Menjelang sore hari jika berdiri Anda bisa melihat Gunung Gamalama yang berselimut rimba hijau dan Pulau Maitara terlihat semakin elok dengan langit yang kemerahan.

  1. Rumah Penduduk Yang Sederhana Namun Terkesan Mewah

Ketika berkunjung ke Pantai Fitu, Anda akan melihat rumah-rumah penduduk yang berjajar rapi di pinggir pantai. Meskipun rumah-rumah tersebut sederhana namun pemandangan yang langsung menghadap laut dan pulau Tidore dan Pulau Maitara menjadi kemewahan tersendiri.

  1. Dapat menikmati kuliner di Pinggir Pantai

Ketika Berkunjung ke Pantai Fitu, Anda tidak perlu khawatir untuk urusan makan. Di sana banyak tempat makan di pinggir pantai. Anda bisa langsung menikmati masakan dari ikan segar hasil tangkapan nelayan sambil menikmati keindahan pantai. Menu-menu tersebut seperti Kasbi, Gohu, Kakap Dabu-Dabu, Kakap Balado, Sup Ikan dengan minim rempah.

Rute Menuju ke Pantai Fitu

Pantai Fitu berlokasi di Kelurahan Fitu, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.  Untuk menuju ke sana hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Bandara Baabulah yang berada di kota Ternate. Anda dapat menggunakan mobil maupun motor untuk mencapai Pantai Fitu. Namun jika tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa mengunakan kendaraan sewaan untuk menuju lokasi. Untuk mencapai Pantai Fitu, kita harus bergerak ke arah selatan ke tempat yang bernama Gambesi.

Hasil gambar untuk Pantai Fitu

Sesampainya di Gambesi bagi Anda yang membawa kendaraan diwajibkan memarkirkannya di jalan. Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan melewati hutan-hutan kecil dan rumah penduduk. Sesampainya di sana kita dapat menikmati pemandangan pulau Tidore dan Maitara dari bibir “Pantai Uang seribu” ini. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari wisatawan termasuk para fotografer untuk mengabadikan pemandangan alam.

Akomodasi di Pantai Fitu

Sudah sampai di Pantai Fitu nan indah dengan pemandangan ala uang seribu rupiah tentunya rugi kalau tidak dilanjutkan berkeliling ke destinasi wisata yang terdekat. Untuk itu Anda perlu memikirkan bagaimana Anda harus menginap. Tetapi Anda tidak perlu risau karena di Maluku Utara ada banyak pilihan tempat penginapan yang bisa Anda sewa, mulai dari losmen, hotel sampai homestay. Beragam tarif yang ditawarkan, ada hotel yang mengenakan tarif sekitar Rp 300.000 per malam.

Tapi jika anda berwisata ala backpacker, homestay bisa menjadi pilihan dengan harga lebih murah sekitar Rp 80.000 per malam Ternate memang  begitu banyak menyimpan keindahan di dalamnya yang mungkin orang Indonesia sekalipun belum banyak yang tahu, tetapi Pantai Fitu wajib Anda kunjungi ketika berada di Ternate karena kekhasannya bisa foto ala uang seribu rupiah. Kota ini wajib Anda masukkan dalam daftar kunjunganmu tahun ini. Kemudian berfoto ala uang seribu rupiah.

Source http://www.ulinulin.com http://www.ulinulin.com/posts/pantai-fitu-pantai-seribu-rupiah-yang-mempesona
Comments
Loading...