Pantai Falajawa, Pesona Keindahan Pantai Kota Ternate

0 28

Pantai Falajawa

Indonesia salah satunya berlokasi di Kota Ternate, Maluku Utara. Kota ini memiliki pesona Pantai Falajawa. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan. Letaknya yang tak jauh dari pusat kota dan pinggir jalan membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi, baik pagi, sore hingga malam hari. Penataan Pantai Falajawa sangat rapi sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung di sana. Tempat ini semacam tempat nongkrong yang keren karena dekat dengan pantai.

 

Di pantai ini selain bersantai, menikmati pemandangan laut yang cantik, dan bersosialisasi Anda dapat menikmati lezatnya sajian kuliner dan mencoba kegiatan-kegiatan menarik yang ada di sana. Pantai ini dulunya tempat persinggahan orang-orang melayu yang pertama kali masuk di Kota Ternate, tujuan datangnya orang melayu tersebut adalah berdagang, pada waktu itu masyarakat Ternate mengira orang melayu tersebut merupakan orang jawa. Dari peristiwa itulah pantai ini diberi nama Pantai Falajawa.

Lokasi Pantai Falajawa

Pantai Falajawa ini dulunya bernama Pantai Swering. Lokasinya yang dekat dengan kota dan berada di pinggir jalan memudahkan wisatawan menemukan pantai ini. Pantai ini terletak di tepi Jalan Pahlawan, Kota Ternate dan berdekatan langsung dengan Land Mark (Zero poin) yang diresmikan Pemerintah Kota Ternate. Tepatnya di Kelurahan Muhajirin Kecamatan Kota Ternate Tengah. Anda tidak perlu bingung lagi, karena di sana terpasang namanya yang tertulis dengan sangat jelas, besar, dan berwarna merah.

Harga Tiket Masuk Pantai Falajawa

Seandainya Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek alias gratis. Bahkan fasilitas-fasilitas yang ada di sana juga sudah tersedia tanpa dipungut biaya, hal tersebut dilakukan demi kenyaman pengunjung. Tempat wisata murah namun tidak murahan.

Daya Tarik Di Pantai Falajawa

  1. SnorkelingDan Diving

Air yang bening dan jernih membuat pengunjung ingin sekali menikmati keindahan kehidupan bawah laut Pantai Falajawa. Di pantai ini Pemerintah Kota Ternate membebaskan wisatawan untuk melakukan snorkeling dan diving akan tetapi peralatannya harus menyediakan sendiri. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut dan berfoto dengan ikan-ikan. Pantai Falajawa merupakan salah satu spot diving dan snorkeling paling keren di Maluku Utara.

  1. Berenang (Disediakan pelampung)

Bagi Anda yang hobi berenang pantai ini sangat cocok untuk Anda apalagi pemerintah kota sudah menyiapkan pelampung-pelampung gratis bagi pengunjung. Bebas berenang asal tetap memerhatikan keselamatan masing-masing.

  1. Menikmati SunriseDan Sunset

Anda tentunya akan takjub melihat pemandangan sunrise di pantai ini, apalagi sambil menikmati bubur kacang hijau yang dijual oleh pedagang keliling. Matahari akan memancarkan sinarnya di awal pagi. Jika tidak mendung dari pantai ini akan kita nikmati keindahan alam yang terkena sinar matahari. Selain itu udara sejuk di pantai ini akan merefresh pikiran Anda sehingga lebih semangat melakukan aktivitas. Di sore harinya Anda bisa nongkrong sambil menikmati cantiknya sunset dari pantai ini. Jangan lupa membawa kamera dan kalau perlu tripod karena momennya akan sangat dramatis dan mainstream.

  1. Menikmati Kuliner Khas Ternate

Jangan khawatir bakal kelaparan ketika berkunjung ke Pantai Falajawa karena banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas Ternate seperti nasi jaha ataupun lalampo. Nasi jaha merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat Maluku Utara yang pengolahannya terbilang unik. Selain menggunakan wadah bambu, nasi jaha harus dimasak di atas bara api (dibakar).

  1. Berfoto

Di jaman sekarang ini siapa yang tidak hobi berswafoto ata selfi? Setiap orang pasti hobi berfoto, mengekspresikan kemampuan bergaya mereka di depan kamera kemudian mengepost ke akun media sosial. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang mendukung Anda untuk berselfie ria karena sajian pemandangan yang sangat cantik. Apalagi sejak 2017 kawasan pantai ini dilengkapi pemasangan ornamen payung sehingga tidak membuat jenuh ataupun bosan ketika datang ke sini.

  1. Berkunjung ke Masjid Raya Al Munawar Ternate

Jika Anda memutuskan untuk liburan di Pantai Falajawa, sempatkan untuk datang ke Masjid Raya Al Munawar Ternate atau nama lain adalah Masjid Terapung, masjid ini adalah masjid termegah dan terbesar di Ternate. Letaknya tidak jauh dari lokasi Pantai Falajawa. Jangan hanya berkunjung tetapi sempatkan untuk beribadah. Setelah beribadah Anda  dapat bermain air, sangat jernih sekalipun berada di tepi jalan, lepaskan semua penat, merefresh pikiran agar esok hari lebih bersemangat.

  1. Bersantai di Taman

Pantai ini banyak diminati masyarakat khusunya kawula muda untuk duduk-duduk bersantai di sana. Dilengkapi dengan rindangnya pepohonan dan taman seakan menambah indahnya Pantai Falajawa.

  1. Tempat Nongkrong Muda Mudi

Pantai ini didominasi pengunjung muda mudi. Mereka datang bersama teman-temannya, ngobrol asyik, nongkrong sampai lupa waktu karena memang didukung suasana yang syahdu dan udara sejuk berasal dari pantai.

  1. Memancing

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah memancing. Entah itu di pagi hari sambil menikmati sunrise atau di sore hari sambil menikmati sunset. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri, membuat pantai ini menjadi tempat wisata yang menarik dan menyenangkan

Transportasi Menuju Ke Pantai Falajawa

Jika Anda sampai di Ternate dan hendak menuju Pantai Falajawa maka Anda bisa menaiki angkot, ojek motor, maupun alat transportasi yang lebih private yaitu menyewa mobil untuk berkeliling. Biasanya driver di sana merangkap menjadi tour guide bagi Anda. Jangan lupa memberikan list destinasi yang akan dikunjungi supaya driver bisa mengatur rute yang akan dilalui.

Akomodasi di Pantai Falajawa

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel yang dekat dengan pantai ini maka Anda harus menginap di hotel Austine. Letak hotel ini di dekat Pasar Swering. Ketika Anda ingin menuju pantai maka Anda cukup berjalan kaki sekitar 7-10 menit.  Pulau Ternate memang surga bagi para pecinta wisata bahari. Jika Anda Berkunjung ke Pulau yang berada di Wilayah Timur Indonesia ini, sebaiknya membawa lotion atau tabir surya karena iklim di pulau ini sangat terik dengan suhu rata-rata 27C.

Source http://ulinulin.com http://ulinulin.com/posts/pantai-falajawa-surga-tersembunyi-di-pulau-ternate
Comments
Loading...