Pantai Burung Mandi, Belitung

0 16

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi merupakan salah satu wisata alam yang  terletak di  Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, sekitar 20 kilometer dari Kota Manggar, atau sekitar 70 kilometer dari Bandara H. AS Hanandjoeddin. Dinamakan Pantai Burung Mandi bukan karena di pantai ini ada banyak burung yang sedang mandi, tetapi karena di  dekatnya terdapat sebuah bukit yang disebut Gunung Burung Mandi.
Di Bukit/ Gunung Burung Mandi, yaitu di sisi kanan jalan sebelum mencapai Pantai Burung Mandi terdapat sebuah Vihara Budhayana yang terkenal dengan sebutan Vihara Dewi Kuan Im yang sering dikunjungi penganut ajaran Budha dan orang-orang yang ingin meramal nasib. Vihara ini juga unik karena dibangun diatas batu granit besar.
Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disambut oleh tugu 2 ekor burung yang menyampaikan ucapan selamat datang. Pantai Burung Mandi agak berbeda dengan kebanyakan pantai di Bangka Belitung. Pantai Burung Mandi memiliki garis pantai landai yang panjangnya sekitar 2 kilometer dengan pasir putih yang sangat halus, tetapi tidak memiliki batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khas pantai-pantai Bangka Belitung.
Disisi pantai berjajar pohon kelapa dan cemara laut. Di sudut pantai, biasanya akan terlihat perahu kater berwarna warni yang dipakai oleh Nelayan Desa Burung mandi untuk mencari ikan. Pemandangan perahu-perahu kater diatas pasir putih dengan latar belakang air laut yang biru menjadi salah satu daya tarik pantai ini.
Bila beruntung, pengunjung bisa melihat anak-anak nelayan Burung Mandi menunjukkan keahlian mereka berenang di tengah laut. Di Pantai Burung Mandi, pengunjung biasanya akan menikmati minuman kelapa muda segar serta mencicipi ikan kerisi panggang yang dipanggang menggunakan batok atau kulit kelapadan dibungkus dengan daun simpur. Tersedia juga arena bermain anak-anak.
Source http://www.visitbangkabelitung.com http://www.visitbangkabelitung.com/content/pantai-burung-mandi
Comments
Loading...