Warning: unlink(/tmp/85cfc6e4a03bcd16c625ba7d56e4ea2e-jK8hUR.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Bungi, Surga Tersembunyi di Pulau Buton Tengah

0 29

Pantai Bungi

Pantai ini terletak di Desa Wantoopi Kecamatan Mawasangka Timur, tepatnya di bagian selatan Pulau Muna. Menuju pantai ini, bisa ditempuh melalui jalan darat. Jika dari Kabupaten Muna melalui Lombe Kecamatan Gu. Sampai di simpangan tiga Labungkari, belok kanan menuju arah Mawasangka melewati Desa Lolibu dan mengarah ke kiri arah Mawasangka Timur.

Jika star dari Kota Baubau harus menyeberang di Wamengkoli menggunakan spead boat atau menumpang kapal Fery. Dari Wamengkoli menuju ke Pantai Bungi bisa menggunakan kendaraan sewa yang banyak disiapkan disekitar pelabuhan. Bisa juga dengan spead boat dari Baubau tadi menuju langsung Teluk Lasongko. Dari sana, speed boat mengambil arah kiri karena Pantai Bungi ini berada di sebalah barat Pantai Katembe, salah satu permandian yang juga banyak dikunjungi wisatawan di hari libur.

 

Mendekati Pantai Bungi yang dituju dan melihatnya dari kejauhan, anda pasti tak sabar ingin segera tiba dan bermain atau berjemur. Pantai ini memiliki garis pantai memanjang yang cukup luas dengan hamparan pasir putih. Pantainya sendiri berbentuk tanjung menuju arah laut yang dalam membiru. Uniknya, tanjung tersebut tidak tersusun dari bebatuan tetapi berbentuk pulau pasir. Jalan masuk menuju pulau pasir ini hanya lebar 15 meter. Di depan pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang juga cukup menyejukan hati jika dijadikan sebagai pilihan tujuan wisata.

Selain pantainya yang indah, lautnya pun menggoda untuk dinikmati. Lautnya bergradasi biru toska dengan visibility yang indah serta bersih. Asyiknya lagi, ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Sehingga bisa berenang dengan nyaman tanpa takut tenggelam karena lautnya tidak terlalu dalam. Bila ingin menambah petualangan lebih seru lagi, bisa melakukan snorkling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Hanya saja, belum ada penyewaan alat snorkling di Pantai Bungi ini. Lebih baik membawa peralatan sendiri.

Mereka yang tidak bisa berenang jangan khawatir, karena masih ada kegiatan seru lainnya yang bisa dicoba dengan bermain futsal dengan teman-teman rombongan di atas hamparan pasir putih. Bisa juga berjalan-jalan menyusuri keindahan garis pantai sambil mengabadikan setiap sudut dengan lensa kamera yang dibawa. Jika ingin bermalam di Pantai Bungi ini, pastikan anda bangun pagi untuk menikmati sunrise, dijamin akan mengembalikan semangat anda untuk mengawali hari dan petualangan baru.

Obyek wisata kedua adalah Danau Pasi Bungi. Danau ini terletak ke arah pegunungan kurang lebih 900 meter dari Pantai Bungi, memiliki panjang 1 KM dan diameter 700 meter. Dari lokasi danau ini, bila anda mengarahkan pandangan ke sebelah timur akan terlihat pemandangan yang menyejukan mata, yakni Pantai Bungi dan Pantai Katembe. Sebelah selatan akan tampak Pulau Kadatua, anda bisa menyaksikan kapal-kapal laut yang keluar masuk pelabuhan Murhum Baubau. Sebelah barat akan tampak Teluk Lianabanggai.

Obyek wisata ketiga adalah Gua Laumehe. Guah ini hanya berjarak 200 meter dari Pantai Bungi. Bagi anda yang suka tantangan bisa menelusuri dalam gua dengan pesona stalktik dan stalakmit mengagumkan. Obyek wisata keempat adalah Oe Maamba. Dalam bahasa setempat, Oe Maamba ini berarti air tawar. Letaknya juga tak jauh dari Pantai Bungi, sehingga bila anda membilas tubuh anda usai berenang di Pantai Bungi bisa langsung menceburkan diri di Oe Maamba ini.

Airnya tentu saja segar, karena bersumber dari mata air pegunungan diatasnya. Rasanya anda tidak akan rugi datang berkunjung ke surga tersembunyi di Kabupaten Buteng ini, Daerah otonom Baru (DOB) yang dijuluki negeri seribu gua. Satu tujuan wisata, namun bisa menikmati empat wisata sekaligus dengan pemandangan dan pesona berbeda.

Source http://butonpos.fajar.co.id http://butonpos.fajar.co.id/pantai-bungi-surga-bahari-yang-tersembunyi-di-buton-tengah/
Comments
Loading...