Pantai Bunga, Wisata Alam di Batubara

0 16

Pantai Bunga bagi masyarakat di Kabupaten Batu Bara agaknya sudah tidak asing lagi mendengarnya. Karena mungkin hampir seluruh masyarakat di Kabupaten Batu Bara tentu sudah pernah menyinggahinya apalagi yang berada di Kecamatan Tanjung Tiram dan Talawi. Keberadaan Pantai Bunga sebagai tempat berwisata  sudah sejak lama ada dan setiap tahunnya jumlah pengunjungnya pun semakin banyak saja. Dan waktu-waktu yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin berkunjung ke sana biasanya ramai sekali pada saat libur lebaran, tahun baru, dan libur sekolah.

Hal ini disebabkan karena semakin baiknya pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola kepada masyarakat yang datang untuk berekreasi di Pantai Bunga. Yang demikian itu penulis lihat saat datang ke Pantai Bunga yang kondisinya sudah amat sangat baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini terlihat dari dibersihkannya sisa-sisa akar pohon Bakau yang dulunya masih ada di tepian Pantai Bunga tersebut. Dan juga untuk membentengi pantai dari terjadinya abrasi pantai tampak batu-batu besar disusun cukup rapi di sepanjang garis Pantai Bunga.

Di samping itu juga fasilitas yang ada saat ini di Pantai Bunga sudah sangat beragam dan bisa memanjakan para pengunjung. Di antara dari fasilitas yang tersedia di pantai Bunga adalah terdapatnya pondok-pondok yang jumlahnya agak banyak, ada pula kantin sebagai tempat untuk membeli makanan dengan harga yang terjangkau, disediakannya lahan parkir, dan yang tak kalah hebohnya adalah terdapatnya fasilitas karaoke di sana. Sehingga tak khayal pula hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ingin datang ke Pantai Bunga.

Selain itu juga, kondisi pasir yang ada di Pantai Bunga tak kalah bagus dibanding pantai-pantai yang sudah tersohor di telinga masyarakat. Karena pasir yang ada di Pantai Bunga adalah pasir putih yang kalau dipegang sangat lembut sekali di tangan. Dan ini menjadi ciri khas dari Pantai Bunga dibanding dengan pantai-pantai lainnya di Sumatara Utara yang belum tentu memiliki pasir putih yang lembut. Serta juga ombak yang menghempas pantai saat musim pasang tiba terasa menggelitik kaki yang berada di tepian pantainya.

Untuk menuju ke Pantai Bunga bila pergi dari Kabupaten Batu Bara dapat dilalui melalui dua jenis kendaraan. Yakni bisa dengan menggunakan kendaraan air seperti boat atau sampan dan kendaraan roda dua atau roda empat. Ketika penulis berkunjung ke sana bersama dengan para sahabat menggunakan moda transportasi laut dengan memanfaatkan boat yang ada di pelabuhan Kecamatan Tanjung Tiram. Dari pelabuhan tersebut dapat menyewa boat dengan muatan yang dapat diangkut mencapai 20 orang lebih.

Dan ongkosnya pun terbilang cukup murah yakni hanya sekitar 70 ribu hingga sampai 100 ribu rupiah yang tergantung dari kepandaian kita melakukan tawar menawar harga. Dan jeda waktu yang dihabiskan selama perjalanan menggunakan boat untuk menuju ke Pantai Bunga hanya sekitar 10 menit saja. Dan kalau pergi memakai transportasi laut ke Pulau Bunga tidak akan terkena biaya tiket masuknya. Tapi agak repotnya ialah ketika boat yang ditumpangi sudah sampai di pantai maka turunnya melalui bebatuan yang disusun rapi yang menjorok ke arah laut.

Karena di Pantai Bunga tidak tersedianya semacam tempat bersandarnya boat yang datang atau bersandar seperti tangkahan. Sehingga hal tersebut dapat untuk menambah tingkat tantangan dengan melewati batu-batu besar yang tampak seperti jembatan. Sedangkan kalau pergi menggunakan jalur darat akan dikenakan biaya masuk ke Pantai Bunga dengan besaran Rp.5.000 sampai dengan Rp. 10.000. Harga tersebut terbilang murah dimana sudah tersedianya beragam fasilitas yang dapat dimanfaatkan di pantai.

Dan juga bagi para pengunjung yang datang ke sana selain untuk duduk-duduk sambil makan di pondoknya dapat juga menikmati mandi dengan pelampung dari ban yang disewakan oleh pihak pengelola pantai. Walaupun kondisi air di Pantai Bunga yang masih berwarna kekuningan seperti air sungai akan tetapi tidak akan mengecewakan para pengunjung. Karena para pengunjung dapat dengan leluasa mandi dan berenang di tepian pantai dengan merasakan deburan ombak yang datang. Dan juga untuk kewaspadaan yang mandi di sana agar tidak terlalu jauh berenangnya dari pantai. Hal ini dikarenakan tidak terdapatnya di sana pembatas yang berada di lautnya untuk aman direnangi oleh pengunjung.

Dan juga untuk menambah lengkapnya keindahan pemandangan di Pantai Bunga terdapat beberapa pohon bakau yang sudah tumbuh dengan ukuran sedang. Dalam hal ini para pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk berfoto bersama dengan para keluarga atau para sahabat. Apalagi kalau berfoto dengan pemandangan yang begitu indah itu dilakukan pada saat sore mulai datang. Sehingga penulis sarankan tak salah mengunjungi Pantai Bunga yang berada di Kabupaten Batu Bara, merupakan tempat berwisata berbiaya murah dengan fasilitas yang lengkap.

Source http://harian.analisadaily.com http://harian.analisadaily.com/pariwisata/news/berkunjung-ke-pantai-bunga/163472/2015/08/22
Comments
Loading...