Pantai Batu Tampih, Pantai Perawan dengan Kondisi Alam yang Masih Alami

0 53

Pantai Batu Tampih adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Pangkung Tibah, kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, provinsi Bali. Pantai ini termasuk ke dalam pantai yang sepi dan belum di ketahui banyak orang keberadaanya. Lokasinya yang terpencil suasananya yang tentang serta kondisinya yang damai menjadi keunggulan tersendiri bagi pantai ini. Suasana alam yang masih perawan berpadu dengan ilkim tropis yang menyelubungi pantai ini menjadikan suasana tersendiri untuk pantai ini. sering terlihat juga beberapa pemuda setempat bermain surfing di ombak yang menawan.

 

Sebagai Pantai yang masih sangat alami, Pantai Batu Tampih memiliki iklim yang asri serta panorama sunset yang cukup indah. Di sepanjang jalan menuju pantai akan terlihat bentangan sawah  yang menghijau memberi kesan indah bagi suasana pantai yang sepi. Sementara di pesisir pantai terbentang hamparan pasir hitam dan putih  beserta batu karang yang elok. Secara umum pantai ini belum di garap secara profesional untuk dijadikan kawasan wisata yang memadai, tetapi bukan berarti pantai ini sepi sama sekali akan terlihat beberapa wisatawan baik lokal maupun asing yang ingin menjamah indahnya ombak pantai batu tampih dengan papan selancarnya.

Terdapat beberapa sebab kenapa pantai ini masih ‘malu-malu’ untuk menampilkan dirinya sebagai sebuah kawasan wisata yang bagus. Poin pertama adalah sebagai sebuah pantai yang terletak di sebuah desa yang kecil, desa ini yang jauh dari pusat perkotaan sehingga akan menyulitkan untuk di kunjungi wisatawan.  Poin kedua, Akses menuju jalan ini  sangat kecil sehingga alat transportasi besar seperti bus pariwisata akan sulit untuk menjangkau pantai batu tampih ini.

Poin ketiga masyarakat setempat yang masih awam dalam duni kepariwisataan dan umumnya bermata pencaharian petani, sehingga belum mempunyai skill kepariwisataan yang cukup untuk menunjang pariwisata pantai batu tampih. Di perlukan pelatihan oleh para pihak yang berwenang dan berpengalaman dalam mengelola duni pariwisata agar jika pantai batu tampuh sudah menjadi objek wisata kelak para masyarakat setempat memiliki keterampilan untuk melayani para pengunjung yang datang.

Poin ke empat, masih terdapat ketakutan di masyarakat bahwa objek wisata yang ramai akan menggusur budaya lokal serta keindahan alam desa setempat, alasan yang berdasar karena jika suatu objek wisata tidak di garap dengan baik maka selian mendatangkan keuntungan juga bisa mengusik tatanan lokal yang sudah terjaga serta lingkungan yang sudah lestari.

Tetapi bagi wisatawan yang haus akan pengalaman wisata yang jauh dari hiruk pikuk pengunjung lainnya pnati batu timpuh ini bisa menjadi pilihan, masyarakat yang masih menerapkan kehidupan tradisional, dan kondisi alam yang masih perawan tentu memberikan keuntungan tersendiri di banding pantai yang terlalu amai oleh hiruk pikuk. Untuk menuju Pantai Batu Tampih yang terletak di Desa Pangkung Tibah, kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan ini maka bisa di tempuh dengan jarak  10 km dari kota Tabanan.

Source http://www.topulerkan.com/ http://www.topulerkan.com/pantai-batu-tampih-pntai-perawan-dengan-kondisi-alam-yang-masih-alami-003019/
Comments
Loading...