Pantai Batu Nona Kupang

0 103

Pantai Batu Nona Kupang

Pantai Batu Nona merupakan salah satu obyek wisata  di deretan Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, NTT. Pantai ini sangatlah indah dengan hamparan pasir putih dan halus dan batu karang menghiasi bibir pantai.

Sejarah Pantai Batu Nona Kupang

Pantai Batu Nona ini memiliki legenda yang kuat di kalangan masyarakat. Di balik keindahannya, Pantai Batu Nona menyimpan kisah pilu dan misteri. Dikisahkan menurut warga setempat, dulu ada seorang gadis yang sangat cantik yang sengaja terjun di atas tebing batu karang dengan ketinggian 15 meter karena patah hati diputus hubungan oleh sang kekasih. Alasannya, hubungan dua sejoli ini tidak direstui orangtuanya.

Dan kemudian jasad gadis ini berubah menjadi batu menyerupai perempuan yang berdiri dengan tinggi 2 meter. Kisah inilah yang menjadikan nama Pantai Batu Nona. Nona sendiri merupakan panggilan seorang gadis di NTT. Warga setempat menganggap pantai ini angker. Konon setiap menjelang Magrib, roh gadis itu bergentayangan dalam bentuk bayangan seorang perempuan sedang duduk di batu karang. Bahkan, katanya, ada suara tangisan yang pernah terdengar dari pengunjung pantai ini.  Sehingga warga menyarankan ke Pantai Batu Nona sebelum pukul 18.00.  Anda percaya atau tidak? Datanglah dan buktikan sendiri.

Pantai Wisata Andalan Kupang

Pada tahun 2000, Pantai Batu Nona ini dikelola lebih baik, sehingga menjadikannya destinasi wisata andalan Kupang. Lambat laun, aroma mistik itu kian menghilang seiring semakin ramainya pengunjung yang datang di pantai ini.Dari tebing karang tempat jatuhnya si nona kini sudah tidak terlihat lagi karena sudah tergerus ombak angin barat. Namun untuk menandainya, pemerintahan setempat menempatkan tiga patung berwujud perempuan di atas karang setinggi sekitar tiga meteran.

Lokasi Pantai Batu Nona Kupang

Yang menyenangkan, gambaran matahari tenggelam di pantai yang terletak di Jalan Timor Raya KM 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, ini tidak kalah dengan pantai di daerah Nusantara lainnya. Pemandangan di pantai pada sore hari ini bisa juga disebutan golden sunset, karena semburat warnanya tampak ke kuning keemasan. Bagi Anda yang suka dengan berfotografi, sangatlah cocok sekali untuk mendapatkan gambar yang bagus. Dan tak ketinggalan, pantai ini bisa juga jadi surga dunia bagi yang menyukai foto selfie.

Akses

Untuk masuk di Pantai Batu Nona ini  tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya cukup mengeluarkan uang parkir bagi anda yang membawa kendaraan. Pantai Batu Nona ini ke mungkinan bisa menjadi destinasi wisatawan Anda bersama teman, keluarga atau pasangan, untuk sekadar berpelesir dan melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan.

Source wisata kupang
Comments
Loading...