Pantai Batu Nampar Wisata Alam di Lombok

0 60

Pantai Batu Nampar merupakan destinasi wisata memiliki keindahan seperti pantai-pantai lainnya di Lombok. Karakteristik pantai ini sama seperti pantai-pantai yang berada di wilayah selatan Lombok pada umumnya, terutama garis pantainya berbentuk teluk atau cekung, ombaknya pecah di tengah, air laut yang bersih dan biru serta pasir pantai warna pink berbentuk merica.

Desa Nampar terletak di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. bukit-bukit yang eksotis di pinggir pantai batu nampar, dimana menaiki bukit-bukit tersebut harus melewati perkampungan dan menempuh jarak yang cukup lama serta jauh dari bibir pantai.

Pantai Batu Nampar ini masih alami, karena relatif belum banyak aktivitas pembangunan dan pengelolaan di pesisirnya. disini juga terdapat kafe, namun jaraknya cukup jauh dari bibir pantai. Selain itu di sisi timur pantai telah berdiri sebuah Dermaga Batu Nampar. Dermaga ini melayani rute penyeberangan ke Gili Linus, yaitu gili yang berada sekitar 500 meter dari dermaga. Dermaga ini juga melayani rute penyeberangan menuju beberapa tambak lobster yang banyak terdapat di wilayah Batu Nampar. Pantainya dangkal sehingga sekitar 10 Meter dari bibir pantai kita masih bisa berjalan ke tengah lautan. Kondisi pantai seperti ini sangat cocok untuk aktifitas snorkling atau berenang atau berendam sepuasnya.

Tentunya bukan hanya itu, dibagian timur Pantai Batu Nampar terdapat bukit-bukit yang eksotis. Bukit yang merupakan ciri yang sama seperti pantai-pantai daerah selatan Lombok Timur pada umumnya, hanya saja mendaki bukit-bukit tersebut harus melewati perkampungan terlebih dahulu sehingga menempuh jarak yang cukup lama serta jauh dari bibir pantai.

Sementara itu, di sisi sebelah barat Pantai Batu Nampar terdapat bekas-bekas dermaga yang menjulur ke tengah lautan sehingga ketika air laut sedang pasang, dermaga ini akan tertutup air. Bekas dermaga ini dipergunakan oleh warga setempat untuk memancing.

Daya tarik dan keistimewaan Pantai Batu Nampar selain pemandangan alam yang indah, disini pengunjung dapat menjadikannya sebagai tujuan wisata kuliner. Konon, setelah Tanjung Ekas, Pantai Batu Nampar adalah pusatnya lobster-lobster bermutu tinggi. Beberapa tambak lobster yang berdiri di tengah lautan menjadikan Batu Nampar dikenal oleh banyak kalangan. Keindahan dan pantai yang masih alami, menajadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Batu Nampar.

Source https://ntbtimes.com https://ntbtimes.com/2017/03/keindahan-wisata-pantai-desa-batu-nampar-lombok-timur/
Comments
Loading...