Pantai Batu Kalang, Pantai Ala Laskar Pelangi di Painan

0 8

Pantai Batu Kalang

Pantai Batu Kalang bisa dijadikan destinasi liburan yang sangat asyik di Sumatera Barat. Bukan hanya karena pantai yang satu ini mempunyai pemandangan indah. Tapi juga karena pantai ini bisa jadi alternatif daripada pantai ala Laskar Pelangi yang bisa dijumpai di Bangka Belitung.

   

Banyak traveler yang menyebut Pantai Batu Kalang sebagai Bangka Belitung dari Sumatera Barat. Terlebih pantai ini mempunyai batu-batu besar di pinggir pantai yang sangat mirip dengan suasana ala pantai dalam film Laskar Pelangi. Selain itu, lokainya yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan pun memungkinkan tempat ini bisa dijadikan persinggahan saat traveling ke Padang.

Lokasi Pantai Batu Kalang

Pantai Batu Kalang ini terletak di Nagari Ampang Pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai ini berjarak kurang lebih 55 kilometer dari pusat kota Padang. Sementara kalau dari kota Painan, Batu Kalang kurang lebih mempunyai jarak sejauh 30 kilometer.

Cara menuju ke Pantai Batu Kalang dari kota Padang juga sangat mudah. Cukup melintasi jalan raya menuju ke Painan, dan selanjutnya akan ada papan penunjuk yang memberikan informasi lokasi pantai ini. Namun kalau bingung, traveler juga cukup bia bertanya ke masyarakat sekitar. Dijamin, bakal tahu deh. Terlebih tempat ini memang cukup terkenal di Painan.

Pantai ini juga merupakan pantai yang masuk dalam area Kawasan Wisata Bahari Terbadu Nasional (KWBTN) Mandeh. Dan karena merupakan sebuah pantai dalam area wisata, para traveler pun harus membayar tiket dengan harga sebesar 5 ribu rupiah per orang untuk menuju ke sana. Cukup murah bukan?

Keindahan Pantai Batu Kalang

Pemandangan Pantai Batu Kalang yang mirip dengan Pantai Batu Berlayar Belitung. Kemiripan itu terlihat pada keberadaan batu granit berukuran besar yang ada di pinggir pantai. Berfoto di pantai ini pun bakal sangat mirip dengan ketika berpose di Pantai Batu Berlayar. Jadi tidak heran kalau banyak yang menjadikan lokasi batu besar di Batu Kalang ini sebagai spot foto favorit. Bahkan bisa disebut sebagai identitas utama pantai ini.

Selain mempunyai batu besar yang mirip dengan pantai ala Laskar Pelangi, Batu Kalang ini juga merupakan pantai yang cukup dangkal. Ombak di pantai ini juga cukup tenang. Jadi, para traveler pun bisa memuaskan diri untuk berenang di pantai ini. Namun kalau berenang, harus berhati-hati. Karena di pantai ini cukup banyak dijumpai ubur-ubur.

Terlebih lagi, Pantai Batu Kalang ini merupakan pantai dengan air yang jernih. Ditambah pemandangannya yang indah, pantai ini memang layak untuk dikunjungi. Terlebih bagi yang suka memajang foto bagus di Instagram. Batu Kalang ini layak untuk dipajang memenuhi timeline jejaring sosial kamu.

Dibandingkan dengan Pantai Batu Berlayar di Belitung, Batu Kalang ini terbilang lebih sepi. Namun popularitas pantai ini mengalami peningkatan cukup drastis, terlebih ketika pantai ini sempat muncul dalam acara My Trip My Adventure. Meski memang, popularitasnya masih kalah jauh kalau dibandingkan dengan Pantai Batu Berlayar.

Source https://www.lihat.co.id https://www.lihat.co.id/wisata/pantai-batu-kalang-sumbar.html
Comments
Loading...